PERBEDAAN WEBBING SLING DAN WIRE ROPE SLING - www.asmarines.com

PERBEDAAN WEBBING SLING DAN WIRE ROPE SLING

Sebuah alat atau benda diciptakan para penemu tentunya memiliki kegunaan yang dapat memudahkan manusia dalam melakukan pekerjaannya. Salah satu dari sekian banyak benda-benda ciptaan manusia yang dapat memudahkan pekerjaannya adalah webbing sling dan wire rope sling.

Kedua benda ini diciptakan sama-sama untuk memudahkan manusia dalam melakukan aplikasi angkat dan juga tarik. Tetapi kedua benda ini tentunya memiliki perbedaan, karena seperti yang sudah kami jelaskan diatas, bahwa sebuah benda diciptakan manusia pasti memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda.

Perbedaan webbing sling dan wire rope sling yang dapat anda lihat dengan mudah adalah dari segi materialnya, karena memang wire rope sling diproduksi menggunakan besi sedangkan webbing sling diproduksi menggunakan serat sintetis.

Yang ingin kami jelaskan disini adalah perbedaan webbing sling dan wire rope sling dari segi fungsinya di Lapangan. Hal ini kami rasa butuh untuk diberikan penjelasan karena kami harapkan dapat membantu anda dalam menentukan pilihan anda dalam menggunakan salah satu dari kedua alat angkat ini untuk digunakan pada aplikasi anda nantinya.

PERBEDAAN WEBBING SLING DAN WIRE ROPE SLING

perbedaan webbing sling dan wire rope sling jika dilihat dari segi kegunaannya diantaranya adalah sebagai berikut :

KEGUNAAN WEBBING SLING

Dalam kegunaannya di Lapangan webbing sling biasa digunakan manusia untuk :
  • Mengangkat benda yang rawan rusak permukaannya.
Maksudnya adalah karena webbing sling terbuat dari serat sintetis yang cenderung bersahabat dengan permukaan benda, sehingga saat webbing sling digunakan untuk mengangkat benda tersebut, permukaan dari benda tersebut tidak akan tergores. Berbeda dengan wire rope sling yang terbuat kawat besi atau baja yang kasar dan keras sehingga dapat menggores permukaan yang halus dan lunak.
  • Mengikat kargo atau barang.
Maksudnya adalah karena webbing sling terbuat dari serat sintetis, tentunya hal ini membuat webbing sling memiliki karakteristik lebih flexible / lentur sehingga mudah untuk ditekuk dan dilingkarkan pada permukaan benda tanpa merusak webbing sling itu sendiri. Berbeda dengan wire rope sling yang terbuat dari kawat besi dan baja yang tentunya lebih kaku jika dibandingkan dengan webbing sling.
  • Dapat digunakan pada manusia ( khusus webbing ).
Maksudnya adalah webbing sling ini sendiri tidak dapat melukai atau menggores tubuh manusia jika digunakan pada manusia itu sendiri, karena permukaan dari webbing sling ini sendiri yang empuk dan lentur sehingga aman digunakan pada manusia, contohnya pada sabuk pengaman mobil, safety harness, tali parasut dan lain-lain. Berbeda dengan wire rope sling yang memiliki karakteristik keras dan juga kasar yang jika digunakan berdekatan dengan manusia tentunya sangat beresiko tinggi terjadinya kecelakaan kerja.

Sumber Artikel :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar