JENIS MATERIAL TALI - www.asmarines.com

JENIS MATERIAL TALI

Untuk memudahkan pekerjaan manusia, teknologi demi teknologi diciptakan manusia yang tidak lain adalah untuk mempermudah manusia dalam melakukan segala aktifitasnya baik dalam dunia pekerjaan maupun kehidupannya sehari-hari.

Tali demi tali diciptakan manusia berbeda-beda untuk memudahkan segala kehidupan manusia di berbagai aspek. Tapi apa sajakah jenis-jenis tali tersebut jika dilihat dari jenis materialnya :
  1. Tali Tumbuhan & Hewan
  2. Tali Serat Sintetis
  3. Tali Baja

1. JENIS TALI TUMBUHAN & HEWAN


Jenis tali yang pertama adalah jenis tali dari tumbuhan dan hewan. Jenis tali ini terbuat dari material serat-serat tumbuhan dan juga bulu dan hasil hewan. Kedua jenis tali ini memiliki harga jual yang berbeda, karena memang materialnya yang sulit dicari dan juga melalui proses pembuatan yang sedikit lama.

JENIS TALI TUMBUHAN

Jenis-Tali-dari-Serat-Tumbuhan

Yang pertama akan kami jelaskan adalah Jenis Tali dari material serat tumbuhan. Tali ini terbuat dari serat-serat tumbuhan alami yang dapat anda temukan diseluruh belahan dunia. Contoh sebagian dari jenis tali yang terbuat dari serat-serat tumbuhan ini diantaranya : Tali dari serat ganja, tali manila, tali rami, tali katun, tali sabut kelapa, dll.

JENIS TALI HEWAN

Jenis-Tali-dari-Hewan

Yang kedua adalah jenis tali dari material bulu hewan dan hasil produksinya. Tali jenis ini biasa digunakan untuk hiasan dan juga pembuatan baju karena jenis tali ini tidak memiliki kekuatan tarik maupun kekuatan angkat sama sekali. Contoh dari jenis tali yang terbuat dari bulu hewan dan produksinya yaitu : Tali Benang Wol, Tali Bulu Ayam, Tali Sutera, dll.


2. JENIS TALI SERAT SINTETIS

Jenis tali yang kedua adalah jenis tali dari serat sintetis, yang artinya tali ini terbuat dari serat buatan manusia yang disebut serat sintetis. Dan yang termasuk kedalam jenis tali serat sintetis ini diantaranya :

  • Tali PP / Polypropylene, yaitu tali yang dibuat dari serat yang dinamakan serat polypropylene.
  • Tali Nilon, yaitu tali yang dibuat dari serat yang dinamakan serat nilon.
  • Tali Polyester, yaitu tali yang dibuat dari serat yang dinamakan serat polyester.
  • Tali PE / Polyethylene, yaitu tali yang dibuat dari serat Polyethylene.
  • Tali Kevlar, yaitu tali yang dibuat dari serat kevlar.
Jenis-Tali-dari-Serat-Sintetis



3. JENIS TALI BAJA

Jenis tali yang terakhir yaitu jenis tali yang dinamakan tali baja. Karena terbuat dari tali baja, tentunya tali ini memiliki kekuatan angkat yang sangat besar. Secara umum tali baja sering disebut dengan wire rope, dan setiap wire rope memiliki konstruksi yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dari aplikasinya di Lapangan.

Jenis-Tali-Baja


Sumber artikel :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar