SEJARAH TALI - www.asmarines.com

SEJARAH TALI

Tali adalah sebuah kumpulan dari beberapa lapisan linear, benang ataupun helai yang bengkok yang dikepang bersama dalam rangka untuk menggabungkan beberapa lapisan / helai tersebut kedalam bentuk yang lebih besar dan lebih kuat. Tali memiliki kekuatan tarik sehingga dapat digunakan untuk menarik dan juga mengangkat barang.

SEJARAH AWAL MULA DIBUATNYA TALI

Pada jaman dahulu, tali dibuat dari akar-akaran dan juga serat tanaman seperti serat pohon kurma, linen, rerumputan, papyrus, kulit dan juga bulu-bulu binatang. Namun seiring perkembangan jaman, manusia mengembangkan tali-tali sederhana tersebut dengan menggunakan beberapa utas serat serta memilinnya agar menyatu.

Sejarah pembuatan Tali


Teknologi pembuatan tali diperkirakan sudah dikenal manusia sejak sekitar 28.000 tahun yang lalu. Hal ini dibuktikan dengan penemuan bentuk tali yang tercetak pada lempung yang terbakar yang ditemukan di benua Eropa. Sedangkan tali tertua ditemukan berupa fosil berdiameter 7 mm disalah satu gua di Lascaux, Perancis. Fosil tersebut diperkirakan berasal dari peradaban manusia yang hidup belasan ribu tahun yang lalu.


SEJARAH DICIPTAKAN ALAT PEMBUAT TALI

Bangsa yang pertama kali menemukan alat khusus untuk membuat tali, kemungkinan besar adalah bangsa Mesir kuno, pada sekitar 3500 tahun sebelum Masehi. Mereka menggunakan suatu gelondong ( Spindle ) untuk membantu dalam membuat tali. Read more >>

Sejarah pembuatan Tali di Mesir


Sekitar tahun 2800 sebelum Masehi, tali yang terbuat dari rami mulai digunakan di Wilayah Cina, yang kemudian teknik-teknik pembuatan tali mulai menyebar keseluruh Asia, India, dan Eropa selama beberapa ribu tahun selanjutnya.

Pada masa abad pertengahan ( sekitar abad 13 - 18 M ) bidang pelayaran dan industri di wilayah Eropa sedang berkembang pesat. Kapal-kapal mulai memerlukan tali yang panjang sebagai pengait jangkar dan juga pengikat layar. Yang akhirnya sampai saat ini kegunaan tali pada industri perkapalan semakin bervarias dan berkembang pesat.

Sumber Artikel :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar