PETUNJUK PENGGUNAAN/PEMASANGAN THIMBLE - www.asmarines.com

PETUNJUK PENGGUNAAN/PEMASANGAN THIMBLE - www.asmarines.com

Thimble atau bisa juga disebut dengan causan adalah alat yang digunakan untuk menjaga bentuk alami mata wire rope sling, dan melindungi tali kawat baja dari terjepit dan abrasi/keausan.

Dari penjelasan diatas, bahwa fungsi thimble adalah untuk menjaga bentuk alami mata wire rope sling dan melindungi tali kawat baja dari terjepit dan abrasi/keausan tentunya dapat membuat satu pertanyaan (Bagaimana bisa??)

  1. Bagaimana bisa menjaga bentuk alami mata wire rope sling??
  2. Bagaimana bisa melindungi tali kawat baja dari terjepit dan abrasi?

Dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, maka akan dapat terjawab yaitu dari gambar thimble pada saat terpasang pada wire rope sling.
Berikut ini adalah gambar dari thimble yang sudah terpasang pada wire rope sling, agar anda dapat melihatnya dengan jelas :








Dari gambar diatas, barulah dapat terjawab pertanyaan-pertanyaan diatas.
  • Bagaimana bisa menjaga bentuk alami mata wire rope sling?
Perhatikan gambar diatas, lihat lah bahwa permukaan mata wire rope tidak bersentuhan langsung pada alat angkat yang terkait dengannya, sehingga walaupun wire rope sling mengalami penarikan atau pengangkatan, maka bentuknya akan tetap saja seperti gambar diatas. Karena thimble bersifat keras walaupun terkena hentakan ataupun tarikan sehingga tidak akan berubah bentuk terlalu drastis. Jika thimble tidak berubah bentuk, tentunya mata wire rope pun tidak akan berubah bentuk.
Berbeda jika mata wire rope sling tidka menggunakan thimble. Pada saat ditarik maka mata wire rope bisa mulur dan berubah bentuk sehingga membuatnya cepat rusak.

  • Bagaimana bisa melindungi tali kawat baja dari terjepit dan abrasi??
Perhatikan lagi gambar diatas.. Permukaan wire rope tidak bersentuhan langsung dengan alat angkat yang berkarat tersebut, sehingga wire rope sling aman dari karat, aman dari kikisan karena gesekan alat angkat dengan mata wire rope itu sendiri dan juga aman dari terjepit karena dilindungi thimble tersebut.
Thimble ini sendiri di finishing galvanis dan juga ada yang di finishing dengan stainless steel yang memiliki karakteristik tahan terhadap karat dan korosi sehingga dapat menjaga mata wire rope sling dengan baik dari terjepit dan abrasi.

Untuk proses penggunaan atau pemasangan thimble ini sendiri dapat dibagi menjadi 2 diantaranya :

  1. Hand Splice
  2. Mechanical Splice


Gambar pertama adalah teknik pemasangan Hand Splice yang caranya dapat anda lihat pada gambar berikut ini :



























Gambar kedua adalah teknik dengan mechanical splice atau machine swaged. Berikut ini adalah penjelasan dari cara pemasangan thimble dengan cara mechanical splice ini :

1. Siapkan kebutuhan pemasangan wire rope sling, yaitu diantaranya :

  • Ferrule sesuai ukuran wire rope.








  • Wire Rope yang telah dipotong sesuai kebutuhan.













  • Thimble sesuai ukuran wire rope.










2. Langkah awal adalah masukkan wire rope yang telah dipotong kedalam ferrule dan buat tekukan dan masukkan pada lubang sisa di ferrule dan kencangkan.




















3. Setelah wire rope terkunci pada ferrule, masukkan wire rope sling tersebut pada mesin press seperti gambar dibawah ini :

















4. Operasikan mesin press dan ferrule yang diletakkan pada dice mesin press tersebut akan menekan ferrule dan akan membuatnya mengunci wire rope menjadi wire rope sling.

















Jika anda membutuhkan thimble untuk membuat wire rope sling, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kunjungi website kami di www.asmarines.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar