PETUNJUK PENGGUNAAN TURNBUCKLE - www.asmarines.com

PETUNJUK PENGGUNAAN TURNBUCKLE - www.asmarines.com


Seperti pada artikel kami sebelumnya, bahwa pengertian dari Turnbuckle adalah alat untuk mengatur ketegangan. Kali ini kami akan membahas sedikit tentang petunjuk penggunaan turnbuckle itu sendiri. Turnbuckle telah banyak dipercaya dan digunakan banyak user untuk memenuhi kebutuhan mereka di lapangan. Untuk penggunaan dari Turnbuckle itu sendiri di Lapangan diantaranya adalah :
  1. Digunakan untuk aplikasi Rigging dan Lashing.
  2. Sebagian menggunakan untuk Lifting.
  3. Instalasi struktur Jembatan dan Bangunan.
  4. Pembuatan pagar pada taman atau lapangan.
  5. Pengaturan kabel fleksibel pada sistem kontrol penerbangan ( ditambah dengan lockwire untuk menghindari kehilangan ketegangan saat terkena getaran ).
  6. Mengatur ketegangan Ring Tinju.
  7. Pengaturan salah satu struktur panggung.
  8. Instalasi Pipa-pipa.
  9. Instalasi tiang listrik.
  10. Instalasi komunikasi radio, dll.

PETUNJUK PENGGUNAAN TURNBUCKLE

Sebelum menggunakan Turnbuckle untuk anda aplikasikan di Lapangan. Seharusnya anda atau seorang operator atau orang-orang yang terlibat harus mengetahui petunjuk penggunaan dari Turnbuckle itu sendiri dengan benar. Berikut ini adalah petunjuk penggunaan Turnbuckle yang sesuai dengan standard Internasional :
  1. Turnbuckle dirancang untuk beban statis dan biasanya disambungkan dengan wire.
  2. Jangan menggunakan turnbuckle melebihi kapasitas working load limitnya (WLL). Lihatlah tabel working load limit (WLL) produk turnbuckle yang anda beli terlebih dahulu untuk memastikan kapasitasnya.
  3. Turnbuckle tipe Stub End tidak memiliki nilai working load, kekuatannya dapat dilihat dari kualitas sambungan las pada turnbuckle itu sendiri.
  4. Untuk penggunaan di aplikasi yang rawan getaran, diharuskan melengkapi turnbuckle dengan lock nuts. Lock Nuts biasa diberikan bersamaan dengan Turnbuckle dan ada juga yang dijual terpisah.
  5. Turnbuckle tipe Jaw Ends datang dengan hardware yang berbeda, tergantung pada ukurannya. Untuk ukuran 1/4" sampai dengan 5/8", turnbuckle jaw ends dilengkapi dengan bolt and nut (Mur Baut). Sedangkan pada ukuran 3/4" sampai dengan 1-1/2" dilengkapi dengan mur dan penguncinya (cotter key &Bolt).
  6. Turnbuckle tidak dirancang untuk pengangkatan dengan sudut, tetapi digunakan untuk pengangkatan lurus (jika memang digunakan untuk mengangkat barang). Tetapi turnbuckle tidka disarankan untuk aplikasi angkat.
Jika anda sudah memahai petunjuk penggunaan dari Turnbuckle, maka anda sudah diperbolehkan untuk mengaplikasikan turnbuckle tersebut tentunya sesuai dengan prosedurnya.

Sumber artikel :
Jika anda ragu dan memiliki pertanyaan mengenai Turnbuckle, jangan ragu untuk menghubungi marketing staff kami di 021 - 6919595.
Atau jika anda ingin mengunjungi artikel lengkap kami silahkan kunjungi website kami di www.asmarines.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar