DEFINISI TURNBUCKLE - www.asmarines.com

DEFINISI TURNBUCKLE - www.asmarines.com

Kata lain dari turnbuckle adalah bisa juga disebut dengan Jarum keras, dan ada juga sebagian orang menyebutnya dengan spanskrup.
Definisi dari turnbuckle ini sendiri adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengatur tingkat ketegangan sebuah benda seperti sling, baik chain sling, wire rope sling ataupun webbing sling. Selain digunakan pada sling, turnbuckle juga diaplikasikan pada alat-alat lain yang membutuhkan penyesuaian ketegangan contohnya jembatan, pagar taman, dll.

Turnbuckle memiliki mata dibagian ujung kanan dan kirinya, yang berfungsi sebagai pengait pada benda yang akan diatur ketegangannya. Kedua mata tersebut memiliki ulir dipangkalnya yang berfungsi untuk memanjangkan atau memendekkan turnbuckle tersebut, sehingga dapat mengatur ketegangan benda. Kedua matanya dapat disesuaikan dengan memutarnya, sehingga dapat diputar masuk atau keluar secara bersamaan.

Berikut ini adalah contoh gambar dari Turnbuckle agar anda tidak terlalu bingung dengan penjelasan diatas :












Mata Kanan dan kiri yang ditunjukkan pada gambar diatas memiliki bentuk yang berbeda-beda, adapun bentuk dari mata turnbuckle diantaranya :
  • Eye ( Bulat )
  • Hook ( Gancu - seperti contoh gambar diatas )
  • Jaw ( Memiliki pengunci )
Untuk lebih jelasnya ada pada gambar berikut ini :










Produk Turnbuckle kebanyakan difinishing galvanis dan ada juga dengan finishing stainless steel. Hal ini dimaksudkan agar turnbuckle terlindung dari karat, korosi dan juga abrasi yang dapat merusak besi. Karena jika turnbuckle terkena karat, maka nantinya karat tersebut akan menyebar pada benda yang bersentuhan dengannya sehingga menimbulkan kerusakan. Maka dari itu kenapa turnbuckle ini dibuat dengan kedua jenis finishing tersebut.

Sumber artikel ; 
Jika anda membutuhkan Turnbuckle dari Amerika ataupun China, silahkan menghubungi marketing staff kami di 021 - 6919595 dan untuk informasi lengkap mengenai alat-alat kapal dan alat angkat lainnya silahkan kunjungi website kami di www.asmarines.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar