PETUNJUK PENGGUNAAN CONNECTING LINK - www.asmarines.com

PETUNJUK PENGGUNAAN CONNECTING LINK - www.asmarines.com

Connecting link adalah alat yang berfungsi untuk menyambung atau menghubungkan mata rantai ke alat lain seperti shackle, masterlink dan juga hook.

Sebelum anda menggunakan connecting link untuk diaplikasikan di lapangan bersamaan dengan chain sling, terlebih dahulu anda harus mengerti tentang petunjuk penggunaan connecting link yang sesuai dengan standard internasional, sehingga anda dapat mengurangi resiko kecelakaan kerja yang dapat merugikan orang banyak. Berikut adalah petunjuk penggunaan connecting link yang sesuai dengan prosedur :
  • Connecting link dan rantai yang akan dihubungkan harus memiliki ukuran yang sama, tidak boleh lebih ataupun kurang.
  • Jangan menjadikan connecting link sebagai pengganti masterlink
  • Jangan menyambung 2 rantai dengan 1 connecting link dan mengaitkan connecting link tersebut pada alat Rigging ( Contoh : Hook, Shackle, Master link, dll )
  • Jangan mengaitkan hook pada connecting link sehingga membentuk posisi choker.
Connecting link yang kuat adalah connecting link yang terbuat dari material alloy steel, yang artinya connecting link tersebut dapat digunakan untuk mengangkat beban yang berat sekalipun.
Sebelum menggunakan connecting link untuk mengangkat beban, ada baiknya anda harus melihat tabel spesifikasi working load dari connecting link, master link, rantai dan juga alat rigging lain yang menjadi satu rangkaian agar tidak terjadi kecelakaan kerja yang tentunya tidak anda inginkan.

Sumber artikel :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar