MACAM-MACAM SWIVEL - www.asmarines.com

MACAM-MACAM SWIVEL

Pada artikel kami kali ini, kami akan membahas sedikit tentang macam-macam swivel yang ada di pasaran Indonesia saat ini. Swivel sendiri adalah salah satu jenis alat rigging yang digunakan sebagai alat untuk menyeimbangkan beban saat berputar, dan juga untuk menjaga agar strand wire rope tetap stabil ( jika digunakan untuk wire rope ), sehingga wire rope tidak cepat rusak dan awet untuk digunakan dalam jangka waktu yg lebih lama daripada tidak menggunakan swivel. Dan swivel juga dapat digunakan pada rantai yang fungsinya pun sama seperti digunakan pada wire rope, sehingga dapat menjaga chain sling tidak tertekuk saat terjadi putaran agar rantai tidak cepat rusak.

Swivel memiliki 2 buah mata kait diatas dan juga dibawah. Dan ditengahnya terdapat poros yang fungsinya untuk menyeimbang beban itu nantinya. Jadi saat beban diangkat, bagian bawah dari swivel akan berputar tetapi bagian atas swivel tersebut tidak berputar.

Jadi disinilah fungsi swivel itu terjadi. Pada saat bagian bawahnya berputar, maka beban yang diangkat akan ikut berputar hingga posisi seimbang. Dan bagian atas swivel yang diam membuat wire rope sling ataupun chain sling tetap pada posisinya sehingga tidak tertekuk dan tetap stabil.

Sedangkan untuk macam-macam swivel sendiri terdiri dari 4 macam jenis. Dan keempat macam jenis tersebut berbeda dari segi bentuk mata kaitnya, dan tentunya berpengaruh pada fungsinya juga nantinya. Jadi masing-masing jenis swivel tersebut memiliki bentuk mata kait yang berbeda dan juga fungsi yang berbeda pula.

Untuk macam-macam swivel yang ada tersebut yaitu diantaranya :
  1. Chain Swivel
  2. Regular Swivel
  3. Jaw End Swivel
  4. Swivel Hook
macam-macam swivel
Keempat macam-macam swivel tersebut akan kami coba jelaskan satu persatu untuk bentuk mata kait dan juga fungsinya.

MACAM-MACAM SWIVEL

Macam-macam swivel yang pertama yaitu chain swivel. Seperti namanya, chain swivel ini digunakan bebarengan pada sling rantai. Bentuk mata kaitnya yang pipih membuat rantai dapat masuk dengan sempurna sehingga tidak dapat bergeser kekanan dan kekiri di dalam mata kaitnya. Maksud kami adalah masuk secara pas.. jadi cocok antara ukuran mata rantai dan ukuran mata kait swivelnya.
Dan untuk macam-macam swivel yang kedua yaitu reguler swivel. Untuk reguler swivel ini biasa digunakan bersama dengan wire rope sling ataupun rope sling. Tetapi untuk kegunaannya sendiri juga dapat dipasangkan dengan chain sling, walaupun di Indonesia banyak yang menggunakan Chain swivel khusus untuk rantai dan reguler swivel untuk wire rope sling dan rope sling.
Selanjutnya macam-macam swivel yang ketiga yaitu Jaw End Swivel. Jaw End Swivel ini memiliki mata kait yang dapat dibuka tutup sehingga lebih flexible. Dan untuk kegunaannya sendiri dapat digunakan untuk Wire Rope Sling, Rope Sling dan juga Chain Sling. Yang dimaksud dengan lebih flexible contohnya yaitu saat memasang rantai dengan chain swivel dan reguler swivel, perlu adanya alat tambahan seperti missing link ataupun shackle. Sedangkan jaw end swivel tidak membutuhkan alat tambahan pada untuk memasang rantai pada sisi jaw endnya, tinggal copot penguncinya, masukkan rantainya dan kunci swivelnya lagi.
Yang terakhir yaitu swivel hook. Swivel jenis ini memiliki mata kait melingkar dibagian atas dan hook dibagian bawahnya. Jadi saat hook pada swivel ini mengangkat barang yang mudah berputar, maka yang berputar adalah hook itu sendiri sehingga tidak merusak alat angkatnya karena bagian atasnya tetap pada posisinya ( tidak ikut berputar ).
Begitulah kira-kira macam-macam swivel dan juga fungsinya yang telah kami jelaskan. Jika anda membutuhkan swivel untuk kebutuhan lifting anda, anda dapat mengunjungi website resmi kami di www.asmarines.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar