MACAM-MACAM THIMBLE - www.asmarines.com

MACAM-MACAM THIMBLE

Pada artikel kami kali ini, kami akaan membahas sedikit tentang macam-macam jenis thimble. Apa sih thimble itu? kalian udh pada tau belum? thimble adalah salah satu jenis alat rigging yang digunakan untuk menjaga bentuk alami dari mata wire rope sling, dan melindungi mata wire rope sling tersebut dari terjepit dan abrasi/keausan di area dalam lingkaran ( mata wire rope sling ). Tanpa Thimble, mata pada wire rope sling akan cepat terkikis karena seringnya mendapat hentakan dan gesekan, sehingga wire rope sling tersebut tidak akan dapat bertahan lama. Ukuran dari Thimble ini sendiri telah disesuaikan dengan ukuran wire rope masing-masing, sehingga tiap wire rope dengan ukuran yang berbeda dapat diinstall atau dipasang dengan thimble dengan ukuran yang berbeda pula. Dan ukuran antara wire rope dan thimble tersebut telah diberikan standard oleh seluruh dunia, sehingga anda tidak dapat asal memasang antara satu thimble dengan wire rope.

Dan apa saja macam-macam thimble tersebut?? macam-macam thimble yang ada saat ini yaitu diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Thimble Standard
  2. Thimble Heavy Duty
  3. Thimble Solid
  4. Thimble DIN 3091

CARA PEMASANGAN THIMBLE

Seperti penjelasan awal, bahwa fungsi thimble adalah untuk menjaga bentuk alami mata wire rope sling, dan melindungi tali kawat baja dari terjepit dan abrasi/keausan di area dalam lingkaran ( mata wire rope sling ). Dari pengertian yang telah disebutkan itu, tentunya dapat muncul pertanyaan ( bagaimana bisa dapat menjaga bentuk alami?? Bagaimana bisa melindungi tali kawat baja?? ). Dari pertanyaan tersebut akan dapat didapat jawabannya yaitu dari penjelasan tentang cara pemasangan thimble pada wire rope sling. Tapi sebelumnya saya ingin memperlihatkan posisi thimble yang terpasang pada wire rope pada gambar dibawah ini agar lebih jelas :



Seperti dapat anda lihat, gambar pertama adalah gambar wire rope sling yang dipasangi thimble dan gambar kedua adalah gambar wire rope sling yang tidak dipasangi thimble. Jadi dari gambar diatas anda dapat melihat sendiri, bahwa wire rope sling yang dipasangi thimble itu terlindungi dari hentakan langsung pd mata wire rope sling tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar