CARA MEMILIH TALI TAMBANG YANG BENAR- www.asmarines.com

CARA MEMILIH TALI TAMBANG YANG BENAR

Karena banyak tipe tali tambang, kami rasa tentunya perlu ada artikel yang dapat mengarahkan pembeli atau user sebelum membeli tali tambang yang sesuai dengan kebutuhan mereka di Lapangan. Karena kita tau sendiri, banyak tipe tali tambang tersebut juga memiliki banyak karakteristik dan kekuatan yang beragam pula. Dengan adanya artikel ini, kami ingin agar para user dapat mengetahu secara pasti mana tali tambang yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka di Lapangan.

Dengan taunya mereka terhadap kebutuhan mereka, artinya tidak akan terjadi salah beli barang dan juga salah spesifikasi tali untuk kebutuhan mereka di lapangan. Tetapi sebelum kami menjelaskan tentang cara memilih tali tambang yang benar, ada baiknya kami ingatkan lagi apa saja jenis tali tambang tersebut. Beberapa jenis tali tambang yang ada saat ini diantaranya adalah :
  1. Tali HDPE / Tali PE
  2. Tali PP / Polypropylene
  3. Tali Manila
  4. Tali Polyester
  5. Tali Nilon

TALI TAMBANG HDPE

Tali tambang HDPE adalah tali tambang yang dibuat dari serat buatan yang disebut dengan serat Polyethylene. Tali tambang jenis ini banyak sekali kita temui dimana saja, karena memang penggunaan dari tali tambang ini adalah penggunaan terhadap kebutuhan sehari-hari. Tali tambang HDPE banyak digunakan pada aplikasi :
  • Rumah Tangga : Jemuran, Alat ikat, Tali Bendera, Kerajinan Tangan , dan aplikasi ringan yang lain.
  • Perikanan : Rumpon, Jala-jala
  • Perdagangan : Tenda
Untuk harga tali tambang HDPE ini tergolong murah karena memang kegunaannya sendiri yang ringan dan banyak digunakan pada kehidupan sehari-hari.

TALI TAMBANG PP / POLYPROPYLENE

Tali Tambang PP atau Polypropylene adalah tali tambang yang dibuat dari serat buatan yang bernama polypropylene. Serat ini memiliki bahan dasar dari minyak bumi, sehingga membuatnya kuat dan tahan terhadap air. Untuk penggunaannya sendiri, tali tambang PP atau polypropylene ini banyak digunakan untuk aplikasi :
  • Perkapalan : Mooring, Towing
  • Perikanan : Jala-jala
  • Perkebunan : Logging
Untuk harga tali tambang pp ini juga tergolong cukup murah, sehingga tali ini memang banyak dicari dan digunakan oleh orang-orang khususnya di bidang Perkapalan.

TALI TAMBANG MANILA

Tali tambang manila adalah tali tambang yang berasal dari serat alami dari pohon abaca sejenis pisang-pisangan yang banyak dibudidayakan di Negara Filiphina. Sedangkan untuk penggunaannya sendiri, tali tambang manila ini banyak digunakan untuk aplikasi :
  • Perkapalan : Tangga Kapal
  • Konstruksi : Jembatan Gantung
  • Perlombaan : Tarik Tambang, Wahana Permainan dengan tali
  • Rumah tangga : Dekorasi, Kerajinan tangan
Untuk harga dari tali tambang manila ini juga masih tergolong terjangkau, sehingga masih digunakan pada kebutuhan rumah tangga.

TALI TAMBANG POLYESTER

Tali tambang polyester adalah tali tambang yang berasal dari serat buatan yang dinamai serat polyester. Tali tambang polyester ini memiliki beberapa kelebihan, yaitu sangat fleksibel, tahan panas, kuat, tahan sinar matahari, dan tahan terhadap gesekan. Karena kelebihannya tersebut, tali tambang polyester juga dikenal sebagai salah satu tali tambang dengan harga yang mahal, maka penggunaannya juga lebih terbatas. Untuk penggunaannya sendiri karena sangat jarang, maka tali ini hanya dapat ditemukan di beberapa aplikasi :

  • Perkapalan

TALI TAMBANG NILON

Tali tambang yang terakhir yaitu tali tambang nilon yang juga terbuat dari serat buatan manusia yang dinamakan serat nilon. Serat ini adalah serat yang sangat kuat dan juga fleksibel sehingga memiliki harga yang mahal. Tali tambang nilon ini memiliki kelebihan sebagai salah satu serat terkuat dengan daya tahan terhadap matahari yang paling baik, dan tahan gesekan, fleksibel, namun memiliki kelemahan dalam berat. Tali tambang nilon termasuk tali tambang terberat dan termahal, itulah sebabnya pemakaiannya pun hanya pada bidang tertentu seperti diantaranya :

  • Perkapalan
Dengan mengetahui fungsi aplikasi dari tiap-tiap jenis tali tambang diatas, tentunya kami berharap agar anda sudah dapat menentukan tali tambang apa yang paling cocok untuk kebutuhan anda di Lapangan.

Sumber artikel :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar