RANTAI GALVANIS DAN RANTAI STAINLESS - www.asmarines.com

RANTAI GALVANIS DAN RANTAI STAINLESS

Pada artikel kami kali ini, kami ingin menjelaskan dua jenis rantai besi yang dilapisi dengan 2 jenis lapisan yang berbeda. Yang pertama adalah rantai besi dengan lapisan galvanis atau bisa disebut dengan rantai galvanis dan juga rantai besi yang diberi lapisan stainless steel atau bisa juga disebut dengan rantai stainless. Kedua jenis rantai ini tentunya memiliki kekurangan dan juga kelebihannya masing-masing.

Jadi bagi anda pengguna kedua rantai ini, tentunya dapat mengetahui apa saja sih kelebihan dan kekurangan dari rantai galvanis dan rantai stainless ini. Dengan kami buatnya artikel ini, tentunya kami berharap agar seluruh pengguna kedua jenis rantai tersebut yang membaca artikel ini dapat lebih memahami kegunaan dari masing-masing jenis rantai tersebut.

Tapi sebelum kami membedakan kedua jenis rantai tersebut, ada baiknya kami jelaskan terlebih dahulu tentang perbedaan lapisan galvanis dan juga lapisan stainless steel agar anda dapat mendapatkan pengetahuan lebih tentang perbedaan dari kedua jenis lapisan ini.

Lapisan galvanis adalah lapisan yang dibentuk dari material seng. Lapisan seng adalah lapisan yang dapat menahan karat dengan baik. Untuk itu lapisan ini dibuat untuk melapisi beberapa alat-alat ( selain rantai juga ) untuk memperlambat proses pengaratan. Jadi bukan berarti dapat melapisi seluruh lapisan dari karat seutuhnya, tetapi dapat memperlambat proses pengaratan tersebut.

Lapisan yang kedua yaitu lapisan stainless steel. Tentunya sudah banyak yang mengetahui fisik dari lapisan ini yang berkilau dan juga halus. Lapisan stainless steel adalah lapisan yang dibentuk dari lapisan krom yang melalui proses-proses tertentu dan material lainnya sehingga dapat membentuk lapisan stainless steel tersebut. Lapisan stainless steel dikenal lebih tahan terhadap proses pengaratan lebih kuat dari lapisan galvanis. Untuk itu benda dengan lapisan stainless steel ini banyak digunakan untuk kebutuhan diluar ruangan dan juga didaerah yang rawan korosi / pengaratan seperti di pantai maupun di laut.

RANTAI GALVANIS

Rantai galvanis adalah rantai besi yang dilapisi dengan lapisan galvanis yang sudah kami jelaskan diatas yaitu lapisan yang dibuat dari material seng. Rantai galvanis disesuaikan kebutuhannya oleh produsen rantai guna untuk kebutuhan yang lebih berat dibandingkan rantai stainless steel.

Rantai galvanis biasa digunakan pada aplikasi-aplikasi berikut ini :

  • Light Lift
  • Light Towing
  • Lashing
Rantai galvanis memiliki keunggulan yaitu harganya lebih murah jika dibandingkan dengna rantai stainless steel. Untuk itu rantai ini sengaja dibuat dengan ukuran besar dan bisa digunakan untuk kedua aplikasi tersebut.


RANTAI STAINLESS STEEL

Rantai stainless steel adalah rantia yang dilapisi dengan lapisan stainless steel yang juga sudah kami jelaskan yaitu lapisan yang dibuat dari material krom yang lebih berkilau. Rantai Stainless steel juga disesuaikan dengan kebutuhannya oleh produsen rantai guna untuk memenuhi kebutuhan akan rantai yang berukuran lebih kecil dan digunakan di daerah yang rawan korosi. Tetapi ternyata di lapangan hasilnya berbeda, karena beberapa user menggunakan rantai stainless steel ini untuk dekorasi ruangan. Hal ini mereka lakukan karena melihat fisik rantai stainless steel yang mengkilap dan halus, sehingga rantai ini juga cocok digunakan untuk dekorasi ruangan yang dapat menyejukkan pandangan mata seseorang jika melihatnya.

Di Lapangan, rantai stainless steel digunakan untuk beberapa aplikasi berikut ini :
  • Dapra
  • Dekorasi
  • Pagar
Sedangkan kekurangan rantai stainless steel ini adalah harganya yang lebih mahal jika dibandingkan dengan rantai galvanis. Untuk itu rantai ini diproduksi untuk ukuran kecil saja agar harganya dapat dijangkau oleh para penggunanya.

Untuk mengetahui artikel lebih lengkap silahkan kunjungi artikel resmi kami :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar