RANTAI BESI DAN RANTAI BAJA - www.asmarines.com

RANTAI BESI DAN RANTAI BAJA

Rantai adalah rangkaian dari mata-mata link yang dirangkai menjadi satu kesatuan membentuk atau menjadi panjang tertentu. Saat ini rantai banyak digunakan untuk kebutuhan semua orang disegala aspek kehidupan dan pekerjaan. Tentunya hal ini membuat kami tertarik untuk membuat artikel tentang rantai besi dan rantai baja.

Sedangkan fungsi dari kami membuat artikel ini tentunya sebagai tambahan informasi bagi anda yang sedang bingung membedakan kegunaan masing-masing dari kedua jenis rantai ini. Tapi sebelum kami membahas tentang perbedaan fungsi kedua rantai ini, kami akan menjelaskan tentang fungsi rantai secara umum terlebih dahulu. Karena tentunya akan lebih mudah lagi anda menggolongkan fungsi dari kedua jenis rantai ini.

Walaupun rantai diciptakan atau diproduksi produsen rantai dengan kegunaan yang berbeda-beda, tetapi dulu saat pertama diciptakannya sebuah rantai, rantai tersebut memiliki fungsi yang umum yang dapat digunakan untuk berbagai aplikasi. Beberapa fungsi dari rantai secara umum yaitu diantaranya adalah :

  • Aplikasi Angkat ( Lifting )
  • Aplikasi Tarik ( Towing )
  • Aplikasi Ikat ( Lashing )
  • Dekorasi
Tentunya masing-masing kegunaan dari rantai secara umum tersebut saat ini sudah dimiliki oleh masing-masing jenis rantai. Tidak seperti jaman dulu yang rantai saat itu digunakan untuk berbagai aplikasi. Itulah gunanya para produsen rantai memproduksi beberapa jenis rantai yang berbeda, yaitu untuk mengkhususkan satu jenis rantai pada aplikasi tertentu.

Tetapi jika dikaitkan dengan keempat fungsi dari rantai secara umum tersebut, manakah yang merupakan fungsi dari rantai besi dan rantai baja ini ya?
Tentunya dalam artikel ini, kami harus menjawab pertanyaan itu agar anda semua dapat mengerti perbedaan fungsi dari kedua rantai tersebut.

FUNGSI RANTAI BESI

Rantai besi terbuat dari material besi yang kuat dan tidak lunak sehingga rantai besi memiliki kekuatan tersendiri jika dibandingkan dengan tali. Rantai besi saat ini sangatlah laku di pasaran, untuk itu akan kami coba jelaskan sedikit tentang fungsinya. Beberapa fungsi yang dimiliki rantai besi yaitu :
  • Alat ikat
  • Alat angkat ringan
  • Alat tarik ringan
  • Dekorasi

FUNGSI RANTAI BAJA

Sedangkan rantai yang kedua adalah rantai baja yang terbuat dari material baja yang sangat keras dan lebih tahan terhadap karat. Untuk fungsi dari rantai baja ini sendiri yaitu diantaranya adalah :

  • Alat Angkat berat
  • Alat Tarik berat
Jadi dapat kita tarik kesimpulan bahwa rantai besi memiliki fungsi lebih banyak jika dibandingkan dari rantai baja, tetapi kekuatan dari rantai besi tidaklah terlalu kuat. Sedangkan rantai baja memiliki fungsi yang lebih sedikit tetapi lebih menitik beratkan pada kekuatan dari rantai tersebut, sehingga rantai baja sangat cocok digunakan pada objek benda yang memiliki beban berat.

Sumber artikel lengkap :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar