JENIS RANTAI BESI - www.asmarines.com

JENIS RANTAI BESI

Seperti anda ketahui pada artikel kami sebelumnya, bahwa kegunaan dari rantai besi sangatlah beragam. Tetapi pada artikel tersebut kami belum memiliki dan mengkhususkan jenis rantai besi untuk aplikasi-aplikasi tersebut. Jadi intinya, rantai besi memiliki fungsi yang beragam tetapi dari beberapa fungsi tersebut, terdapat jenis-jenis rantai besi khusus yang memang khusus digunakan pada aplikasi tersebut.
Untuk itu pada artikel ini, kami akan coba untuk menjelaskan jenis-jenis dari rantai besi tersebut yang dikaitkan dengan fungsinya. Tentunya rantai besi biasa memiliki banyak kekurangan, jadi semua aplikasi yang menggunakan rantai besi biasa, biasanya adalah aplikasi ringan yang tidak membutuhkan kekuatan pada rantai dan ketahanan pada rantai terhadap pengaratan.

Jadi poin yang pertama yang akan kami jelaskan disini adalah mulai dari jenis rantai besi tersebut yaitu diantaranya :
  • Rantai besi biasa
  • Rantai besi galvanis
  • Rantai besi stainless steel
Ketiga jenis rantai besi tersebut memiliki fungsi  yang berbeda-beda yang akan coba kami jelaskan satu persatu.

JENIS RANTAI BESI BIASA

Rantai besi biasa adalah rantai besi yang tidak dilapisi dengan lapisan tertentu. Biasanya rantai besi biasa hanya dilapisi dengan cat besi untuk menahan karat sementara. Tetapi tentunya lapisan cata tidak akan bertahan lama karena melihat aplikasi dari rantai besi biasanya melibatkan banyak gesekan yang tentunya akan membuat lapisan cat cepat terkelupas.

Sedangkan fungsi dari rantai besi biasa yang paling cocok digunakan adalah pada aplikasi :

  • Lashing
  • Dekorasi
Untuk aplikasi rantai besi biasa ini sendiri biasanya dibatasi dari lokasinya, yaitu biasanya rantai besi biasa ditempat pada lokasi yang tidak rawan terhadap karat seperti di dalam ruangan ataupun dilingkungan rumah. Untuk itu aplikasi lashing dan dekorasi merupakan aplikasi yang paling cocok dalam penggunaan rantai besi biasa ini.

JENIS RANTAI BESI GALVANIS

Rantai besi galvanis adalah rantai besi yang dilapisi dengan lapisan galvanis. Lapisan galvanis adalah lapisan yang dibuat dari material seng yang dapat menahan karat. Tentunya dengan diberikan lapisan galvanis, sebuah rantai besi akan dapat menahan karat lebih lama. Beberapa aplikasi yang biasa menggunakan rantai besi galvanis sebagai alat bantunya yaitu diantaranya :
  • Light Lifting
  • Light Towing
Rantai besi galvanis banyak digunakan pada aplikasi angkat dan tarik dengan beban yang ringan dan ditempat yang terbuka, sehingga lebih kuat menahan karat.

JENIS RANTAI BESI STAINLESS STEEL

Untuk jenis rantai besi yang ketiga yaitu jenis rantai besi stainless steel. Rantai besi stainless steel ini dilapisi dengan lapisan stainless steel yang artinya lebih mengkilap dan tahan terhadap karat. Tetapi untuk jenis rantai besi stainless steel ini ukuran atau kekuatannya tidaklah besar. Saat ini produsen rantai masih memproduksinya dengan ukuran kecil dan tidak memiliki nilai breaking load. Kebanyakan jenis rantai ini digunakan pada aplikasi :
  • Dekorasi ruangan
  • Dapra
untuk artikel lebih lengkap mengenai jenis rantai lain, silahkan kunjungi artikel website resmi kami dibawah ini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar