KAWAT SELING BERKUALITAS - www.asmarines.com

KAWAT SELING BERKUALITAS

Untuk menentukan kualitas dari suatu barang atau produk, tentunya anda harus memperoleh beberapa informasi penting yang fungsinya agar nantinya anda dapat memilih dan membeli produk yang menurut anda paling berkualitas, atau memiliki kualitas yang sesuai dengan keinginan anda.

Begitu juga untuk menentukan kawat seling berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan anda. Pada artikel kali ini, kami akan mencoba menjelaskan tentang cara menentukan kawat seling berkualitas, yang fungsinya agar nantinya anda tidak salah dalam membeli kawat seling untuk kebutuhan anda di Lapangan. Karena kawat seling digunakan untuk aplikasi berat yang tentunya sangat berbahaya untuk keselamatan pekerja jika anda salah membeli dan menentukan kebutuhan kawat seling anda.

kawat seling berkualitas


Walaupun kawat seling yang anda lihat sekilas terlihat seperti kawat seling berkualitas, hal tersebut bukan lah sebuah patokan yang benar. Karena kawat seling bekas yang beredar di pasaran Indonesia juga bisa disulap menjadi baru kembali. Tetapi bagian dalam kawat seling tersebut tentunya keropos, sehingga tidak memiliki kekuatan maksimal.

CARA MENENTUKAN KAWAT SELING BERKUALITAS

Untuk menentukan kawat seling berkualitas, anda harus mengetahui faktor-faktor yang mendukung dari hal tersebut. Untuk itu pada poin dibawah ini, kami akan mencoba menjelaskan satu-persatu tentang faktor-faktor yang menentukan kawat seling itu berkualitas atau tidak. Jadi apa sajakah cara menentukan kawat seling berkualitas :

  • Cek tali label didalam kawat seling.
kawat seling berkualitas dengan label merk

Jika didalam kawat seling anda terdapat label merk, dapat dipastikan bahwa kawat seling anda adalah kawat seling berkualitas, karena terjamin keasliannya.

  • Cek diameter kawat seling apakah sesuai dengan yang tertera pada sertifikat.
kawat seling berkualitas tidak banci

Jika ukuran diameter kawat seling anda sesuai dengan yang tertera pada sertifikatnya, maka dapat dipastikan kawat seling yang anda beli adalah kawat seling berkualitas, karena kawat seling yang tidak berkualitas disebut berukuran banci yaitu tidak sesuai dengan yang ada disertifikat walau beberapa milimeterpun.

  • Cek kepadatan kawat seling dengan melihat ujungnya.
kawat seling berkualitas padat

Kawat seling berkualitas memiliki kepadatan pada ujungnya, sehingga tidak terbuka seperti gambar diatas. Gambar diatas adalah contoh kawat seling yang palsu sehingga berbahaya untuk diaplikasikan di lapangan.

  • Tes tarik
kawat seling berkualitas dengan tes tarik

Cara terakhir yang paling jitu adalah dengan melakukan tes tarik. Kawat seling memiliki perhitungan sendiri saat dilakukan tes tarik. Nilai breaking load pada sertifikat dibagi dengan safety factor. Dan hasil pembagian tersebut dikurangi 10%. Jika hasil tes tarik kawat seling yang anda coba sesuai dengan perhitungan anda, maka dapat dipastikan anda telah membeli kawat seling berkualitas.

Sumber :






1 komentar:

  1. www.velascoindonesia.com
    Distributor dan supplier peralatan kapal terbesar di Indonesia, kami menjual berbagai macam kawat sling berkualitas

    BalasHapus