RANTAI BESI - www.asmarines.com

RANTAI BESI

Rantai Besi adalah Logam besi yang dibuat menjadi beberapa besi-besi batangan dengan ukuran tertentu yang kemudian dipotong-potong dengan ukuran tertentu pula. Potongan-potongan batangan besi tersebut kemudia ditekuk dan disambung berangkai hingga menjadi satu kesatuan rangkaian yang memanjang hingga memiliki panjang tertentu. Kegunaan dari rantai Besi ini sendiri adalah untuk mengangkat beban, menarik benda dan juga untuk mengikat barang. Sebagian orang menggunakan rantai besi sebagai hiasan dekorasi rumah, pagar, kantor dan juga untuk membelenggu hewan peliharaannya yang ganas.








Besi adalah unsur kimia dengan simbol Fe atau dari bahasa latinnya adalah Ferrum dengan nomor atom 26. Besi merupakan logam dalam deret transisi pertama dan juga merupakan unsur paling umum yang ada di Bumi berdasarkan massa yang membentuk sebagian besar bagian inti luar dan dalam bumi ini. Besi adalah unsur terbesar keempat pada kerak Bumi yang kita tinggali ini.

Logam besi sudah digunakan sejak jaman purba berjuta-juta tahun yang lalu. Meskipun campuran dari besi tersebut tidak sekeras pada jaman sekarang ini, karena memang teknologi pada jaman dahulu. Karena memang kandungan besi murni relatif lembut dan hanya dapat mengeras dan diperkuat secara signifikan dengan campuran logam lainnya pada saat peleburannya. Jika besi digabungkan dengan kerbon saat peleburannya dengan proporsi karbon tertentu, logam besi dapat menjadi logam baja yang memiliki sifat lebih keras dari besi murni berkali-kali lipat.

Baja dan paduan besi berkadar karbon rendah bersama dengan logam lainnya ( baja paduan ) sejauh ini merupakan logam yang paling umum digunakan diberbagai industri, karena lebarnya rentang sifat-sifat yang didapat dari campuran logam tersebut.

Sebagai tambahan sedikit untuk anda yang bisa juga sebagai bahan pertimbangan sebelum memilih rantai besi yang cocok untuk anda. Kami informasikan bahwa rantai besi jika sesuai dengan standard internasional, sangat tidak disarankan untuk pengangkatan beban yang sangat berat. Hal ini dikarenakan WLL pada rantai besi memiliki nilai yang lebih rendah dibandingkan dengan rantai baja, sehingga sebelum menggunakan rantai besi, anda wajib mengetahui WLL dari rantai besi tersebut, agar nantinya dapat anda sesuai dengan kebutuhan anda di Lapangan.

Rantai besi yang paling cocok untuk aplikasi light lift ( angkat ringan ) adalah rantai Galvanis, sedangkan untuk rantai stainless steel dan rantai besi standard sangat tidak disarankan untuk aplikasi pengangkatan apapun demi keselamatan anda dan para pekerja di Lapangan.

Sumber Artikel :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar