SEJARAH RANTAI - www.asmarines.com

SEJARAH RANTAI

Rantai adalah serangkaian link atau cincin yang saling terhubung atau terpasang satu dengan yang lainnya, sehingga terbentuk hingga memanjang. Rantai Biasanya dibuat dari Logam maupun plastik, tergantung dari kegunaan dan juga keperluan dari pemakainya sendiri.

Rantai digunakan untuk memindahkan beban atau sebagai pengganti tenaga tambahan dan juga dapat digunakan untuk mengikat benda agar tidak terjatuh. Banyaknya perbedaan dalam penggunaan rantai dikarenakan berbedanya tipe-tipe dan jenis dan rantai itu sendiri.

Jauh sebelum beraneka-ragamnya fungsi dan kegunaan dari rantai seperti yang sudah kami sebutkan diatas. Rantai itu sendiri pertama kali digunakan untuk menarik ember, untuk mengambil air kedalam sumur. Dan pada abad ke-16, Leonardo Da Vinci membuat sketsa rantai yang bentuknya lebih dan terus disempurnakan dari generasi ke generasi sehingga rantai menjadi bentuk seperti sekarang ini.

Dan pada abad ke-19 pembuatan rantai semakin beragam jenis dan tipenya. Selain itu penggunaan rantai pun semakin beragam dan dapat digunakan pada bermacam-macam aplikasi diantaranya aplikasi angkat, tarik, ikat dan juga pada kendaraan dan mesin-mesin untuk meningkatkan laju putar.

PERBEDAAN RANTAI DENGAN TALI

Penggunaan rantai pada jaman sekarang dan jaman dulu sering dikaitkan juga kesamaannya dengan penggunaan tali. Tetapi manusia lebih dahulu menggunakan tali daripada menggunakan rantai, karena memang belum berkembangnya teknologi pada jaman dahulu. Kenapa manusia jaman dahulu beralih menggunakan rantai daripada menggunakan tali yang terbuat dari serat tumbuhan?? Tentulah ada beberapa alasan dari pertanyaan diatas.

Dengan berubahnya kebutuhan akan rantai, tentunya sebuah rantai memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh tali. Dan kelebihan inilah yang membuat orang jaman dahulu lebih memilih rantai daripada tali untuk melakukan kegiatan tertentu.
Kelebihan-kelebihan tersebut dapat anda baca pada artikel kami berikutnya :

http://wire-rope-sling.blogspot.co.id/2017/04/kelebihan-dan-kekurangan-rantai.html

Atau jika anda ingin mengetahui seputar rantai lebih banyak lagi, silahkan kunjungi website kami di :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar