PERBANDINGAN RANTAI BAJA DAN RANTAI BESI - www.asmarines.com

PERBANDINGAN RANTAI BAJA DAN RANTAI BESI

Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang perbandingan dari Rantai Baja dan Rantai Besi yang tentunya akan menarik sekali untuk kita bahas. Hal ini kami maksudkan agar para pengguna / user dari tiap-tiap jenis rantai dapat mengetahui pasti hal-hal apa saja yang menjadi perbandingan dalam menentukan penggunaan rantai baja atau rantai besi saat di Lapangan.

Karena rantai baja dan rantia besi memiliki kegunaan yang berbeda pada aplikasinya, tentunya saja hal ini bukan hanya menjadi suatu kebetulan saja. Melainkan dapat dipastikan adanya suatu faktor yang menyebabkan perbedaan kegunaan dari kedua rantai tersebut.

Dalam artikel sebelumnya, kami telah menjelaskan tentang beberapa jenis dari rantai yaitu diantaranya :
  1. Rantai Baja
  2. Rantai Besi
  3. Rantai Plastik
Dari ketiga jenis rantai tersebut, kami hanya akan membahas tentang perbandingan ( kelebihan ) dari rantai baja dan rantai besi, karena memang kami hanya menyediakan kedua jenis rantai tersebut di Gudang kami untuk kami jual dipasaran. Kami tidak akan membahas tentang rantai plastik lebih dalam karena kurangnya pengetahuan kami akan rantia jenis ini. Kami hanya mendalami produk-produk yang ada di Gudang kami karena memang itulah nilai jual kami untuk Customer-customer kami.

PERBANDINGAN KELEBIHAN RANTAI BAJA

Sebelum anda menggunakan rantai baja untuk kebutuhan anda di Lapangan, ada baiknya anda membaca sedikit pengetahuan tentang rantai baja ini. Salah satunya adalah kelebihan dari rantai baja, yang kami harapkan dapat membantu anda dalam menentukan penggunaan jenis rantai yang cocok untuk aplikasi anda di Lapangan.

Kelebihan-kelebihan dari Rantai baja yang tidak dimiliki rantai besi itu diantaranya :

  • Daya angkat lebih tinggi dari Rantai besi, sedangkan rantai besi memiliki WLL lebih rendah dari rantai baja. Hal ini disebabkan karena memang tingkat kekerasan antara baja dan besi sangat berbeda.
  • Lebih tahan terhadap karat tanpa perlu dilapisi dengan lapisan khusus, sedangkan rantai besi memerlukan lapisan khusus seperti stainless steel dan galvanis untuk menghindari proses pengaratan.
  • Daya tahan rantai baja lebih lama dibandingkan dengan rantai besi jika digunakan untuk menarik beban yang sama.
  • Jika rantai baja dicampurkan dengan material tertentu ( Alloy, Carbon, dll ), rantai baja ini akan menjadi sangat keras dan lebih kuat berkali-kali lipat.
  • Rantai baja yang sudah dicampurkan dengan material tertentu ( Alloy, Carbon, dll ) tidak akan langsung patah saat kelebihan beban, melainkan akan mengalami kemelaran ( Ductile ) terlebih dahulu sebagai peringatan terhadap user.
  • Rantai Baja cocok digunakan untuk aplikasi-aplikasi berat.


PERBANDINGAN KELEBIHAN RANTAI BESI

Setelah kita mengetahui tentang apa saja kelebihan dari rantai baja, maka selanjutnya kami akan membahas tentang kelebihan dari rantai besi, agar anda dapat membandingkan antara kelebihan dari kedua jenis rantai ini. Kelebihan-kelebihan dari rantai besi ini yang tidak dimiliki rantai baja diantaranya :
  • Ukuran minimal ke maksimal rantai besi lebih kecil, sehingga lebih flexible untuk berbagai macam aplikasi yang tidak membutuhkan rantai dengan ukuran besar.
  • Rantai Besi yang dilapisi Galvanis dan atau Stainless steel akan lebih tahan terhadap karat jika dibandingkan dengan rantai baja.
  • Harga dari rantai besi lebih terjangkau jika dibandingkan dengan rantai baja dengan ukuran dan atau kapasitas yang sama.
  • Rantai besi cocok digunakan untuk berbagai aplikais ringan.
Setelah anda mengetahui tentang perbandingan kelebihan antara rantai baja dan rantai besi ini, kami harapkan anda dapat menentukan rantai jenis apa yang cocok untuk kebutuhan anda di Lapangan. Jika anda masih ragu untuk menentukan jenis rantai apa yang cocok untuk kebutuhan anda, anda dapat menghubungi staff Teknikal kami yang telah berpengalaman puluhan tahun dengan menghubungi kami di nomor : 021 - 6919595

Sumber artikel :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar