JENIS RANTAI BAJA - www.asmarines.com

JENIS RANTAI BAJA

Seiring berkembangnya teknologi yang ada saat ini, manusia terus menerus beradaptasi dengan menciptakan hal-hal dan alat-alat yang baru untuk memudahkan pekerjaannya. Salah satunya adalah kebutuhan manusia akan rantai yang semakin bervariasi. Untuk memenuhi beberapa kebutuhan dari manusia yang berbeda-beda ini, rantai diciptakan manusia menjadi beberapa jenis yang tidak lain dimaksudkan untuk membantu manusia dalam mempermudah pekerjaannya disegala aspek / bidang yang mereka geluti.

Jenis rantai itu sendiri diantaranya adalah :
  1. Rantai Baja
  2. Rantai Besi
  3. Rantai Plastik
Dari ketiga jenis rantai yang telah kami sebutkan diatas, kami hanya akan menjelaskan dari jenis rantai baja saja, untuk jenis-jenis rantai yang lainnya, akan kami jelaskan pada artikel berikutnya.

1. JENIS RANTAI BAJA

Rantai Baja adalah Logam baja yang dibuat menjadi batangan-batangan yang kemudian dipotong-potong dengan ukuran tertentu. Potongan-potongan tersebut nantinya akan ditekuk dan disambung berangkai hingga menjadi satu kesatuan rantai yang memiliki panjang tertentu.

Rantai Jenis rantai baja ini sangat dianjurkan untuk aplikasi angkat yang memiliki objek angkat sangat berat ( Heavy Lift ). Dan bukan hanya untuk mengangkat objek / benda yang sangat berat, rantai baja ini juga sangat direkomendasikan untuk penggunaannya dalam aplikasi tarik ( Towing ), tentunya aplikais tarik ini adalah menarik benda-benda yang sangat berat.

Jenis-jenis rantai baja juga tidak hanya terdiri dari satu tipe saja, melainkan bervariasi juga karena memang kebutuhan manusia akan alat angkat juga semakin beragam.

Jenis-jenis dari rantai baja tersebut diantaranya :
  • Rantai Baja Angkat / Tarik
Sesuai namanya, jenis rantai baja yang satu ini khusus digunakan untuk mengangkat dan menarik objek / benda yang sangat berat. Contohnya : aplikasi di bidang konstruksi dan juga perkapalan.
Rantai jenis rantai Baja angkat / tarik ini dibedakan berdasarkan Grade yaitu Grade 80 dan 100. Semakin besar grade dari jenis rantai baja tersebut, tentunya semakin besar pula daya angkat dari rantai baja tersebut.
Jika anda membutuhkan rantai baja untuk keperluan anda silahkan kunjungi website kami :

  • Rantai Jangkar
Sesuai dengan namanya, jenis rantai baja ini digunakan hanya untuk diikatkan bersama dengan jangkar. Karena digunakan untuk menarik dan melepaskan jangkar kapal, tentunya ukuran dari jenis rantai baja yang satu ini lebih besar dari ukuran rantai baja angkat.
Rantai jangkar ini dibedakan juga berdasarkan Grade, tetapi berbeda pada penamaannya dan kekuatannya pada rantai baja biasa. Rantai jangkar ini dibedakan menjadi 2 Grade yaitu Grade U2 dan U3.
Jika anda membutuhkan rantai jangkar untuk keperluan pada kapal anda, silahkan kunjungi website kami :

Sumber Artikel :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar