HOOK ATAU GANCO - www.asmarines.com

HOOK ATAU GANCO

Hook adalah alat yang digunakan untuk membantu mengangkat beban dengan cara dikaitkan. Biasanya Hook disambungkan pada wire rope sling ataupun rantai / chain sling.  Sebuah Hook angkat biasanya dilengkapi dengan kait pengaman untuk mencegah pelepasan dari kaitan wire rope sling ataupun rantai dari beban yang terpasang.

Gambar dari Hook


Bahan dasar pembuat hook adalah Alloy Steel dan Carbon Steel. Kedua bahan ini mempunyai karakteristik yang berbeda tetapi sama-sama memiliki working load yang tinggi. Untuk lebih jelasnya tentang perbedaan dari kedua bahan pembuat hook ini, saya akan menjelaskan sedikit tentang perbedaan dari kedua material ini :


- Alloy -
Alloy adalah besi yang mengandung kandungan karbon yang berubah-ubah dan juga dicampur dengan logam-logam lain seperti kromium, vanadium, molybdenum, nikel, tungsten dan sebagainya.
Jika diklasifikasikan menurut kadar karbonnya, besi alloy ini dibagi menjadi :
  • Low Alloy Steel, Jika elemen paduannya kurang dari 2.5 %
  • Medium Alloy Steel, Jika elemen paduannya antara 2.5 - 10 %
  • High Alloy Steel, jika elemen paduannya lebih dari 10 %
Tujuan dari ditambahkannya unsur-unsur logam tersebut adalah untuk :
  1. Untuk menaikkan sifat mekanik baja ( kekerasan, keliatan, kekuatan tarik dan sebagainya ).
  2. Untuk menaikkan sifat mekanik baja pada temperatur rendah.
  3. Untuk meningkatkan daya tahan terhadap reaksi kimia ( oksidasi dan reduksi ).
  4. Untuk membuat sifat-sifat spesial pada alloy steel ini.

- Carbon -
Baja karbon adalah baja yang mengandung kandungan atau campuran dari Machinem, Machinery, dan Mild Steel. Jika diklasifikasikan menurut campurannya, baja karbon ini dapat dibagi menjadi 3 yaitu :
  • Low Carbon Steel, terdiri dari campuran yang disebut diatas dengan kadar campuran 0.05 - 0.30 % dan memiliki sifat mudah ditempa dan mudah dibentuk dan dibengkokkan.
  • Medium Carbon Steel, terdiri dari campuran yang disebut diatas dengan kadar campuran 0.30 - 0.60 % yang memiliki sifat sulit dibengkokkan, dilas dan dipotong.
  • High Carbon Steel, terdiri dari campuran yang disebut diatas dengan kadar campuran 0.60 - 1.50 % yang memiliki sifat sangat sulit dibengkokkan, dilas dam dipotong.


Jika anda ingin melakukan pemesanan Hook atau Ganco, silahkan kunjungi website kami di www.asmarines.com atau hubungi kami di ( 021 ) 691 9595

Tidak ada komentar:

Posting Komentar