JENIS HOOK ATAU GANCO - www.asmarines.com

JENIS HOOK ATAU GANCO

Hook bukan hanya terdiri satu model atau satu jenis. Hook terdiri dari beraneka ragam bentuk dan jenis sesuai dengan kegunaannya di Lapangan agar dapat memenuhi kebutuhan para pengguna dari hook itu sendiri. Berikut ini akan saya jelaskan macam-macam dari hook menurut bentuk dan kegunaannya di Lapangan :

JENIS HOOK ATAU GANCO MENURUT BENTUK / KEGUNAANNYA

Menurut bentuk atau kegunaannya, hook dapat dibedakan menjadi 11 macam jenis yaitu :

1. SLING HOOK
Sling Hook digunakan pada wire rope sling ataupun chain sling. Sling Hook ini diaplikasikan di general industry atau semua industri yang membutuhkan wire rope sling dan chain sling untuk alat pengangkatan. Berikut adalah gambar dari sling hook ini :

 













2. GRAB HOOK
Grab Hook digunakan sebagai pemendek rantai agar panjang rantainya sesuai dengan kebutuhan saat digunakan di Lapangan. Grab hook ini juga digunakan pada berbagai macam industri yang menggunakan rantai sebagai peralatan pendukung pekerjaan. Berikut ini adalah contoh gambar dari Grab Hook ini :
















3. FOUNDRY HOOK
Foundry Hook digunakan pada aplikasi pengecoran, yaitu khususnya pada industri konstruksi. Berikut ini adalah contoh gambar dari foundry hook ini :
















4. SORTING HOOK
Sorting Hook ini digunakan pada aplikasi pengangkatan pipa-pipa, karena bentuknya disesuaikan dengan bentuk pipa. Sorting Hook ini digunakan pada tiap industri yang memiliki pipa-pipa sebagai pendukung pekerjaan. Berikut ini adalah contoh gambar dari sorting hook ini :
















5. BARREL HOOK
Barrel Hook ini digunakan pada aplikasi pengangkatan Drum-drum atau bisa juga disebut dengan Barrel. Barrel hook ini digunakan pada industri yang menggunakan Drum sebagai alat pendukung kegiatan pekerjaannya. Berikut ini adalah contoh gambar dari Barrel hook ini :
















6. SLIDING CHOCKER HOOK
Sliding Chocker Hook ini digunakan untuk mengikat atau mengunci barang yang akan diangkat dengan posisi choker ( menyekik / mengikat ) agar tidak terjatuh. Hook jenis ini banyak digunakan pada industri-industri berat yang banyak mengaplikasikan Lifting Equipment. Berikut ini adalah contoh gambar dari Sliding Chocker Hook ini :
















7. ANCHOR LINE HOOK
Anchor Line Hook biasa digunakan untuk winch line dalam aplikasi menambat kapal. Anchor Line Hook ini khusus digunakan hanya pada industri perkapalan. Berikut adalah contoh gambar dari Anchor Line Hook ini :
















8. SWIVEL HOOK
Swivel Hook adalah hook yang menggunakan penyambung yang memiliki poros sehingga dapat berputar saat mengangkat barang. Hook ini di design memiliki poros sebagai alat untuk menyeimbangkan beban saat berputar dan juga mempertahankan bentuk wire rope agar tidak cepat rusak. Hook ini dapat digunakan pada berbagai industri lifting. Berikut ini adalah contoh gambar dari Swivel Hook ini :
















9. TWISTED HOOK
Twisted Hook adalah hook yang memiliki bentuk penyambung agar sedikit berputar ( twist ). Fungsi dari hook ini adalah untuk aplikasi logging yaitu aplikasi yang melibatkan pengangkatan dan pendistribusian kayu di dalam ataupun di luar hutan. Berikut ini adalah contoh gambar dari twisted hook ini :
















10. CLAMP HOOK / TRACTOR HOOK
Clamp Hook atau bisa juga disebut dengan Tractor Hook adalah hook yang menggunakan penyambung / penghubung berbentuk seperti shackle. Hook jenis ini digunakn pada tractor atau truck pengangkat kayu pada aplikasi Logging. Hook ini digunakan sebagai penyambung rantai yang digunakan untuk mengikat kayu balok untuk diangkat atau dipindahkan. Berikut ini adalah contoh gambar dari Clamp Hook atau Tractor Hook ini :
















11. SHURLOCK HOOK
Shurlock Hook adalah Hook dengan pengunci otomatis yang jika dia diberi beban pada pengaitnya, maka hook ini akan mengunci secara otomatis. Shurlock Hook ini di Design untuk keamanan dalam penggunaan Hook sebagai alat angkat. Kegunaan dari Shurlock Hook ini idealnya yaitu digunakan untuk aplikasi Lifting tetapi tidak menutup kemungkinan hook ini juga bisa digunakan untuk aplikasi Towing. Berikut ini adalah gambar dari Shurlock Hook ini :
















Untuk pemesanan Hook yang kami jual, silahkan kunjungi website kami www.asmarines.com atau hubungi kami di ( 021 ) 691 9595

Tidak ada komentar:

Posting Komentar