SHACKLE ATAU SEGEL - www.asmarines.com

PENGERTIAN SHACKLE ATAU SEGEL

Perlu diketahui bahwa nama lain dari shackle adalah segel. Shackle / Segel ini adalah alat bantu angkat yang terbuat dari bahan mild steel, carbon steel, alloy steel, dan stainless steel 304 & 316.
Shackle / Segel fungsinya untuk menyambung atau mengkaitkan sling dengan objek angkat. Shackle digunakan untuk mengangkat barang, basket, beam, mesin dan objek angkat lain yang menggunakan sling sebagai alat bantu angkatnya.

Kelebihan dari mengangkat dengan shackle :
  1. Shackle mudah dibuka dan dipasang ( selain untuk offshore ), sehingga lebih flexible dan efisien.
  2. Dapat menggunakan 1 sling dan 1 shackle saja dalam mengangkat beberapa barang, sesuai dengan working load limitnya ( selain untuk offshore )
  3. Dapat digunakan untuk menyambung sling dengan alat rigging lain seperti hook, ring, master link dan eye bolt.
Dari penjelasan sebelumnya tentang material dari shackle ini, maka saya akan menjelaskan perbedaan dari tiap-tiap material pembuat atau bahan dasar dari shackle ini.
  1. Carbon Steel, adalah besi yang mengandung antara 0.5 - 1.5 % karbon dan sejumlah kecil mangan, belerang, fosforus, dan silikon.
  2. Alloy Steel, adalah besi dengan kandungan karbon dan campuran lain yaitu nikel, khrom, tembaga dan molybdenum.
  3. Mild Steel, adalah besi lunak yang mengandung maksimum 0.25 % karbon dan 0.4 - 0.7 % manganese ( batu kawi ), 0.1 - 0.5 % silikon dan beberapa unsur fosfor.
  4. Stainless Steel, adalah baja tahan karat atau senyawa besi yang mengandung setidaknya 10.5 % kromium untuk mencegah proses korosi ( pengaratan logam ).


KARAKTERISTIK MATERIAL SHACKLE ATAU SEGEL

Untuk mengetahui karakteristik dari tiap-tiap material pembuat shackle akan saya jelaskan sedikit dibawah ini:

  1. Alloy Steel : Memiliki kapasitas angkat lebih besar daripada carbon steel dengan ukuran shackle yang sama, sehingga cocok digunakan untuk aplikasi lifting dan towing.
  2. Carbon Steel : Memiliki karakteristik kuat, dibawah alloy steel tetapi tetap memiliki kekuatan breaking load yang tinggi tentunya, sehingga cocok juga digunakan untuk aplikasi lifting dan towing.
  3. Mild Steel : Besi jenis ini biasa digunakan untuk aplikasi ringan seperti dapra dan lashing karena shackle jenis ini tidak mempunyai kekuatan angkat.
  4. Stainless Steel : Besi jenis ini biasa digunakan untuk aplikasi ringan seperti dapra dan lashing karena shackle jenis ini tidak mempunyai kekuatan angkat.

Untuk pemesanan shackle yang sesuai dengan kebutuhan anda, silahkan kunjungi website kami di www.asmarines.com atau anda juga dapat menghubungi marketing kami di nomor ( 021 ) 691 9595

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar