JENIS SHACKLE DARI BENTUK PENGUNCI - www.asmarines.com

JENIS SHACKLE DARI BENTUK PENGUNCINYA

Seperti yang pernah saya bahas sebelumnya, bahwa shackle itu dapat dibedakan menjadi berapa macam tergantung dari faktor-faktor tertentu. Artikel saya tentang shackle sebelumnya membahas Jenis shackle dari Tipenya, dan kali ini saya akan membahas jenis shackle dari bentuk penguncinya.

Untuk perbedaan dari jenis shackle yang dibedakan dari bentuk penguncinya, shackle dapat dibedakan menjadi 2, yaitu :
1. Shackle "Screw Pin"
Shackle jenis ini menggunakan bentuk pin dengan pemutar scrup tanpa menggunakan pengunci. Hanya dikencangkan saja sampai batas maksimal ulirnya agar tidak terlepas, intinya sama seperti scrup yang dikencangkan pada lubangnya. Shackle ini digunakan untuk aplikasi non permanen ( aplikasi yang membutuhkan shackle yang dapat dibongkar dan pasang kembali.
Berikut ini adalah contoh gambar dari Shackle Screw Pin :
 
Fungsi dari Shackle Screw Pin :
Shackle dengan pengunci tipe screw pin ini digunakan untuk aplikasi yang membutuhkan shackle yang dapat dicopot pasang. Shackle dengan screw pin ini dapat digunakan untuk aplikasi bongkar muat. Shackle ini tidak boleh digunakan untuk aplikasi angkat secara choker ( dicekik ). 

2. Shackle "Bolt & Nut" / Mur Baut
Shackle jenis ini menggunakan bentuk pin seperti kepala baut dengan pengunci baut dan pengunci pinnya. Shackle jenis ini lebih aman karena tidak mudah terbuka. Shackle ini digunakan untuk aplikasi yang lebih permanen, contohnya pada aplikasi offshore.
Berikut ini adalah contoh gambar dari Shackle "Bolt & Nut" :





Fungsi dari Shackle "Bolt & Nut" :
Shackle dengan pengunci tipe Bolt and Nut ini digunakan untuk aplikasi yang membutuhkan shackle yang aman dengan pengunci yang tidak bisa dibuka dengan mudah dan tingkat keamanan yang lebih safety ( biasanya dipasang lebih permanen ). Direkomendasikan digunakan untuk aplikasi yang permanen dan jangka panjang contohnya offshore, tetapi bukan berarti shackle jenis ini tidak bisa digunakan untuk aplikasi yang lain. Justru shackle jenis ini juga bisa digunakan untuk aplikasi yang menggunakan shackle screw pin di Lapangan.

Setelah kita tau jenis dari shackle yang dilihat dari bentuk penguncinya, saya akan menambahkan sedikit tentang keuntungan dari tiap-tiap shackle ini, yaitu diantaranya :

  1. Screw Pin : Lebih mudah untuk dibongkar pasang kembali.
  2. Bolt & Nut : Lebih aman dalam pemakaiannya.
Untuk pemesanan shackle sesuai dengan kebutuhan anda silahkan kunjungi website kami www.asmarines.com, atau anda juga dapat menghubungi langsung marketing kami di nomor ( 021 ) 691 9595, marketing kami akan dengan senang hati membantu anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar