RANTAI KAPAL - www.asmarines.com

RANTAI KAPAL - www.asmarines.com

Dalam artikel ini saya akan membahas rantai apa saja yang menjadi bagian dari kebutuhan khususnya di industri perkapalan. langsung saja pada pokok pembahasan ya biar ga basa basi.

Rantai yang kita kenal mempunyai definisi batangan besi yang proses pembuatannya ditekuk dan disambung sehingga memanjang menjadi rantai. Berikut adalah video pembuatan rantai

Dalam industri perkapalan rantai dibedakan menjadi 4 jenis.
  1. Rantai Baja ( Lifting Chain ).
  2. Rantai Jangkar.
  3. Rantai Galvanis.
  4. Rantai Stainless Steel.
Mari kita bahas satu persatu mulai dari rantai baja.
1. Rantai Baja (Lifting Chain)
Rantai baja (lifting chain) adalah rantai yang digunakan untuk mengangkat beban yang sangat berat, sehingga dibuat dari baja. Rantai ini digunakan pada industri mining, lifting, marine, oil & gas, transportation dan ship building.
Rantai digolongkan berdasarkan Grade. Sedangkan Grade pada rantai baja ini sendiri adalah grade 80 - 100.

2. Rantai Jangkar
Rantai jangkar adalah rantai dengan ukuran besar karena aplikasinya yang membutuhkan kekuatan besar, terbuat dari baja. Rantai ini khusus hanya digunakan untuk mengikat jangkar dengan kapal. Rantai Jangkar digolongkan berdasarkan grade, tetapi tidak sama dengan Lifting chain. Grade dari rantai jangkar ini digolongkan menjadi 2 golongan yaitu U2 dan U3.

3. Rantai Galvanis
Rantai Galvanis adalah rantai yang dibuat dengan finishing galvanis ( lapisan seng ), rantai ini digunakan untuk aplikasi lifting sama seperti rantai baja. Tetapi bedanya rantai galvanis ini dikhususkan untuk pengangkatan pada aplikasi Offshore yang membutuhkan rantai dengan ketahanan karat tinggi. Rantai ini tidak digolongkan dengan grade seperti rantai lainnya, tetapi hanya digolongkan dengan nilai kekuatan angkatnya.

4. Rantai Stainless Steel
Rantai Stainless Steel adalah rantai dengan finishing stainless steel yang lebih mengkilap dari rantai galvanis, mengandung kandungan stainless dengan nilai SUS 304 atau 316. Rantai ini tidak digunakan untuk aplikasi mengangkat karena nilai breaking load yang rendah. Pada industri perkapalan, rantai ini ini digunakan untuk aplikasi dapra, mengikat (lashing), pemberat trawl, pagar, dekorasi dan masih banyak lagi.

untuk pemesanan rantai kapal silahkan kunjungi website kami disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar