CARA ATAU PETUNJUK PENGGUNAAN EYE BOLT - www.asmarines.com

CARA ATAU PETUNJUK PENGGUNAAN EYE BOLT

Halo semua, gimana kabar kalian nih? Semoga kalian semua diberikan kesehatan ya. Amiin. Oke temen-temen bahasan kita kali ini yaitu tentang cara atau petunjuk penggunaan eye bolt. Oia. bagi kalian yang belum baca artikel kami sebelumnya tentang eye bolt, tenang aja nih. Kami akan coba bahas sedikit disini sebagai pembukaan dari artikel ini ya.

Jadi apa sih itu eye bolt. Eye bolt adalah salah satu jenis alat rigging yang berfungsi untuk menyambungkan atau mengkaitkan barang dengan sling. Maksud kami disini yaitu eye bolt ini bisa dipasangkan pada barang atau beban yang akan diangkat. Agar nantinya eye bolt tersebut dapat disambungkan dengan sling. Barang atau beban yang akan diangkat ini adalah beban yang khusus yaitu beban yang tidak memiliki lubang kait. Seperti container, balok kayu, besi lempengan atau besi balok, beton, dan lain-lain. Tentunya gak mungkin ya benda tersebut diangkat pake traktor atau tenaga manusia biasa. Maka hal yang paling mudah adalah dengan memasanginya dengan eye bolt.

Untuk gambar dari aplikasi lifting dengan menggunakan eye bolt ini bisa kalian lihat pada gambar dibawah ini :



Jadi bisa kalian lihat ya. Benda yang terpasang pada beban angkat tersebut adalah eye bolt. Eye bolt tersebut dikaitkan pada hook jika kalian melihat gambar diatas. Hook tersebut sudah tersambung dengan sling yang nantinya agar beban tersebut bisa terangkat.

CARA ATAU PETUNJUK PENGGUNAAN EYE BOLT

Jika kalian sudah tau apa itu eye bolt dan juga cara menggunakannya. Tentunya kalian ga boleh menggunakannya sembarangan ya. Kalian harus tetap mengikuti cara atau petunjuk penggunaan eye bolt yang baik dan benar. Tentunya cara atau petunjuk penggunaan eye bolt ini harus sesuai dengan standard Internasional agar cara penggunaan kalian tidak salah. Berikut ini adalah informasi penting buat kalian, jadi kalian harus membaca dan memahaminya dengan benar ya


  • Working load limit ( WLL ) dari eye bolt yang tertulis adalah berdasarkan nilai WLL untuk pengangkatan dengan posisi tegak lurus. Jadi kalo kalian mau pake eye bolt untuk mengangkat dengan posisi bersudut, jangan menjadikan nilai WLL eye bolt tersebut untuk beban angkat anda. Tetapi ada sebagian produsen yang mencantumkan nilai WLL untuk pengangkatan bersudut.
  • Nilai WLL akan berkurang jika kalian menggunakan eye untuk pengangkatan bersudut.
  • Jika dilakukan pengangkatan dengan sudut, tipe eye bolt yang harus kalian gunakan yaitu shoulder pattern atau eye bolt yang memiliki bahu. Jangan yang polos ya.
  • Posisi sling harus sejajar arah lekuk mata eye bolt.
  • Sudut angkat maksimal untuk shoulder pattern adalah 45 derajat.
  • Satu sling tidak boleh digunakan untuk mengangkat dengan 2 eye bolt sekaligus, sehingga membentuk segitiga.
  • Jika ketebalan dari benda yang diangkat lebih dari panjang diameter eye bolt, maka gunakanlah satu baut untuk mengunci ulir eye bolt. Tetapi jika ketebalan dari benda yang akan kalian angkat itu kurang dari diameter eye bolt, maka gunakan 2 baut untuk mengunci eye bolt.
  • Jika benda yang diangkat terbuat dari besi dan lubang ulirnya tidak tembus, maka ketebalan benda yang diangkat harus 1.5 x diameter mata eye bolt.
  • Jika benda yang diangkat terbuat dari alumunium dan lubang ulirnya tidk tembus, maka ketebalan benda yang harus diangkat harus 2.5 x diameter mata eye bolt.

Jadi bisa kalian liat ya pada gambar diatas, panjang ulir eye bolt tidak menembus objek angkat.

Oke temen-temen, udah pada jelas ya. Semoga kalian semua ngerti apa yang kami maksud diatas. Jika kalian ada pertanyaan atau jika anda ada kebutuhan akan eye bolt ini, kalian bisa kunjungi website resmi kami di www.asmarines.com ya.

1 komentar:

  1. ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

    BalasHapus