TIPE EYE BOLT - www.asmarines.com

TIPE EYE BOLT

Pada artikel sebelumnya kami telah membahas dan mengupas tentang eye bolt. Bagaimana cara menggunakan eye bolt yang benar, kegunaan dan pengertian dari eye bolt itu sendiri. Tapi ada yang belum kami bahas yaitu tipe eye bolt yang ada di pasaran dunia dan Indonesia. Jika kalian ingin membaca artikel kami sebelumnya tentang cara menggunakan eye bolt yang benar, kegunaan dan pengertian dari eye bolt, kalian bisa mengunjungi link artikel kami dibawah ini.


Oke temen-temen, jika kalian udah baca artikel kami sebelumnya pada link diatas, maka bahasan kita selanjutnya tentang tipe eye bolt itu sendiri. Apa aja sih tipe eye bolt ada saat ini? yang tentunya digunakan seluruh user di seluruh Indonesia dan bahkan diseluruh dunia.

Jadi ada berapa sih tipe eye bolt yang ada itu? Jawabannya adalah ada 2. Apa aja 2 tipe eye bolt yang ada tersebut? Berikut ini adalah 2 tipe eye bolt yang diproduksi diseluruh dunia.
  1. Plain Pattern Eye Bolt
  2. Shoulder Pattern Eye Bolt
Untuk tipe eye bolt yang pertama yaitu plain pattern eye bolt. Plain pattern eye bolt berbentuk polos dan diproduksi khusus untuk digunakan pada aplikasi pengangkatan lurus.

Dan untuk tipe eye bolt yang kedua yaitu shoulder pattern eye bolt. Shoulder  pattern eye bolt itu memilki semacam pundak ( shoulder ) pada bagian lehernya. Dan untuk penggunaan dari tipe eye bolt yang satu ini adalah dikhususkan untuk aplikasi pengangkatan bersudut dengan maksimal sudut 45°.

Setelah kita tau tipe eye bolt apa saja yang diproduksi dunia, maka selanjutnya yang akan kami bahas yaitu kekurangan dan kelebihan jika anda menggunakan eye bolt ini sendiri.


KELEBIHAN KEKURANGAN EYE BOLT

Poin pertama yang akan kami bahas adalah kelebihan eye bolt ini. Jadi jika anda memilih untuk menggunakan eye bolt sebagai salah satu alat bantu angkat anda, maka anda akan mendapatkan beberapa kelebihan yaitu diantaranya :
  • Dapat digunakan pada benda yang tidak memiliki lubang kait.
  • Memiliki lebih banyak variasi ukuran sehingga lebih flexible dalam pemilihan ukurannya sesuai dengan kebutuhan anda.
  • Penggunaan yang lebih flexible karena dapat dilepas dan dipasang kembali.
Jadi cukup jelas ya apa saja kelebihan yang akan kalian dapatkan saat menggunakan eye bolt ini untuk aplikasi lifting kalian.

Dan untuk bahasan selanjutnya yaitu kekurangan eye bolt itu sendiri. Jadi jika kalian memilih untuk menggunakan eye sebagai alat bantu angkat kalian, maka kalian harus memperhatikan beberapa kekurangan yang dimiliki oleh eye bolt ini sendiri agar kekurangan dari eye bolt ini nantinya tidak akan menjadi boomerang buat kalian.

Beberapa kekurangan jika kalian memilih untuk menggunakan eye bolt yaitu diantaranya :
  • Karena posisinya yang tegak lurus saat dipasang, eye bolt tidak dapat digunakan untuk melakukan pengangkatan pada sudut yang sempit ( lebih dari 45° ).
Jadi untuk kekurangan dari eye bolt ini hanya satu saja ya yang perlu kalian ketahui. Untuk itu jangan pernah menggunakan eye bolt untuk aplikasi angkat dengan sudut angkat melebihi sudut 45°. Dan untuk hal yang perlu anda perhatikan lagi saat menggunakan eye bolt yaitu faktor-faktor yang mempengaruhi kekuatan angkat dari eye bolt ini.

Dengan mengetahui hal ini, kalian akan dapat memilih ukuran dan nilai WLL eye bolt yang sesuai dengan beban angkat kalian. Beberapa faktor yang mempengaruhi kekuatan angkat dari eye bolt ini diantaranya :
  • Ukuran eye bolt, jadi semakin besar eye bolt maka semakin besar pula tentunya untuk nilai WLL dan kekuatan cengkramnya.
  • Material eye bolt. Material yang direkomendasikan untuk aplikasi heavy lift ataupun medium lift adalah eye bolt dengan material yang terbuat dari carbon steel. Jadi jangan menggunakan eye bolt yang terbuat dari stainless steel untuk pengangkatan berat dan medium.
  • Kami ingatkan kembali untuk penggunaan pada sudut angkatnya yaitu jangan melebihi sudut 45°, karena semakin besar sudut yang akan kalian gunakan akan semakin mengurangi nilai WLL pada spesifikasinya.
Oke gimana udah jelas banget ya tentang eye bolt ini? jika kalian ada kebutuhan akan eye bolt untuk aplikasi lifting kalian, selalu percayakan kebutuhan tersebut pada PT. Anugrah Sukses Marine. Dan untuk pemesanannya kalian bisa mengunjungi website kami di www.asmarines.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar