HOOK DAN KEGUNAANNYA - www.asmarines.com

HOOK DAN KEGUNAANNYA

Halo semua.. kali ini kami mau bagi-bagi informasi sedikit mengenai hook dan kegunaannya. Apa sih hook itu? Hook adalah salah satu jenis alat rigging yang berfungsi sebagai alat pengait yang nantinya akan dikaitkan pada objek angkat, tarik ataupun ikat ( lifting, towing dan lashing ).

Hook ini biasa atau kebanyakan digunakan khusus pada aplikasi lifting, tapi untuk aplikasi tarik dan ikat juga lumayan banyak. Yang ingin kami jelaskan disini adalah jumlah penggunanya lebih banyak digunakan pada aplikasi lifting ketimbang aplikasi lainnya.

Hook sendiri memiliki berbagai macam jenis yang dapat anda temukan dipasaran Indonesia dan juga luar negeri. Karena memang para produsen hook ini juga selalu berinovasi untuk dapat memenuhi kebutuhan dari user-user mereka yang berbeda. Semakin banyak dan beragamnya kebutuhan manusia, tentunya akan semakin beragam juga jenis hook yang diproduksi para produsen tersebut.

Jadi ada beberapa jenis hook yang harus kalian kenali yaitu diantaranya adalah :
  1. Sling Hook
  2. Grab Hook
  3. Foundry Hook
  4. Sorting Hook
  5. Barrel Hook
  6. Sliding Chocker Hook
  7. Anchor Line Hook
  8. Swivel Hook
  9. Twisted Hook
  10. Clamp Hook / Tractor Hook
  11. Shurlock Hook
Kesebelas jenis hook tersebut memiliki fungsi atau kegunaan yang berbeda-beda. Tetapi kami tidak akan menjelaskan masing-masing fungsi kesebelas hook tersebut. Jika kalian ingin mengetahui fungsi dari masing-masing jenis hook tersebut, kalian bisa mengunjungi artikel website resmi kami tentang jenis hook disini>>.

Dan bukan hanya itu saja, jenis hook juga ada lagi yaitu dilihat dari jenis penyambungnya. Apa saja sih jenis penyambung hook yang ada saat ini? Ada dua tipe jenis penyambung hook yang saat ini dproduksi di seluruh dunia yaitu diantaranya adalah :
  1. Clevis Hook
  2. Eye Hook
Clevis hook khusus digunakan pada aplikasi yang berhubungan dengan rantai. Baik itu chain sling untuk melakukan lifting ataupun chain sling yang digunakan untuk aplikasi towing dan juga lashing. Tapi memang untuk rantai sendiri sangat jarang diterapkan pada aplikasi towing. Bukan berarti tidak ada ya, melainkan sangat jarang.

Untuk jenis penyambung hook yang kedua yaitu eye hook. Eye hook dirancang untuk penggunaan bersamaan dengan wire rope sling. Tetapi jika anda ingin menggunakan eye hook ini untuk kebutuhan yang berhubungan dengan rantai, anda bisa menambahkan budget anda untuk membeli connecting link atau hammerlock. Jadi eye hook yang disambungkan dengan rantai menggunakan connecting link juga dapat menjadi pilihan anda untuk menggunakan eye hook ini, walaupun anda harus membeli alat rigging tambahan yaitu connecting link ini ya.

Jadi gimana nih? udah jelas ya tentang hook dan kegunaannya ini. Jika kalian masih ingin mendalami tentang hook ini, kalian bisa mengunjungi website resmi kami di www.asmarines.com pada bagian artikel. Kami mengupas lengkap semua peralatan kapal, oil and gas, manufacturing dan lain sebagainya yang berhubungan dengan alat-alat berat.

1 komentar:

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    BalasHapus