EYE BOLT DAN KEGUNAANNYA - www.asmarines.com

EYE BOLT DAN KEGUNAANNYA

Hai sobat.. sok kenal banget ya.. hehe.. ga papa lah.. ga kenal maka ga sayang dong. Oke temen-temen semua, kali ini kami ingin membahas tentang eye bolt dan kegunaannya. Kalian semua udah pada tau belum eye bolt itu apa?

Tentunya ada yang sudah tau ya, dan mungkin ada yang belum tau. Jadi baik yang sudah tau maupun belum tau, kami ingin merefresh ingatan kalian semua nih. Apa sih eye bolt itu? eye bolt salah satu jenis alat rigging yang digunakan untuk membantu proses pengangkatan benda atau objek angkat yang tidak memiliki mata kait ataupun celah untuk mengaitkannya dengan alat rigging lain agar bisa diangkat.

Biasanya penggunaan eye bolt digunakan pada balok cor, kontainer, besi balok, dll. Pokoknya benda yang tidak memiliki mata kait ya. Jadi kita pada bingung nih,, ini barang segede gini mau diangkat pake apa?? Jadi eye bolt disini berbentu seperti sekrup dengan lubang mata kait dibagian atasnya. Saat eye bolt ini dipasang dengan cara di sekrup masuk kedalam benda atau objek yang akan diangkat, maka benda tersebut akan memiliki mata kait yang nantinya dapat dihubungkan dengan alat rigging lain seperti shackle ataupun hook.

Dengan benda tersebut memiliki mata kait dan dapat dihubungkan dengan alat rigging lain, jadinya bisa disambungkan pada wire rope sling ataupun chain sling nih.. Setelah itu baru deh benda atau objek itu dapat diangkat dengan menggunakan alat berat seperti crane ataupun chain hoist.


PETUNJUK PENGGUNAAN EYE BOLT

Dalam menggunakan eye bolt tentunya tidaklah boleh sembarangan. Karena eye bolt biasa digunakan pada aplikasi lifting yang cenderung merupakan jenis aplikasi berat. Jadi karena penggunaannya yang memiliki resiko yang besar, tentunya kalian semua tidak boleh menggunakan alat ini secara asal tanpa adanya pelatihan atau pembacaan petunjuk penggunaan eye bolt ini sendiri.

Dengan kita membaca dan mengikut pelatihan, tentunya kita juga akan ikut berkontribusi atas keselamatan kerja semua pekerja yang ada di tempat kerja kalian. Jadi apa aja sih petunjuk penggunaan eye bolt yang sesuai dengan standard internasional?

Berikut ini adalah beberapa poin yang wajib kalian ketahui sebelum menggunakan dan mengaplikasikan penggunaan eye bolt di tempat kerja kalian masing-masing.
  • Working Load Limit ( WLL ) eye bolt yang tertulis adalah berdasarkan working load limit untuk pengangkatan tegak lurus, bukan pengangkatan bersudut. Jadi bagi kalian yang ingin mengaplikasikan pengangkatan bersudut, kalian harus membeli eye bolt dengan ukuran lebih  dari nilai WLL pengangkatan lurus. Tetapi ada sebagian produsen eye bolt yang mencantumkan nilai WLL untuk pengangkatan bersudut. Jadi kalian wajib bertanya terlebih dahulu ya sebelum membeli. Pastikan spesifikasi yang anda dapatkan jelas dan lengkap.
  • Nilai WLL eye bolt akan berkurang jika eye bolt digunakan untuk pengangkatan bersudut, jadi seperti yang telah kami sampaikan diatas. Kalian harus membeli eye dengan ukuran lebih besar jika kalian pengaplikasikannya untuk pengangkatan dengan sudut..
  • Jika dilakukan pengangkatan dengan sudut, tipe eye bolt yang digunakan harus yang tipe shoulder pattern, karena dapat menahan pinggirin eye bolt dan idak memperbesar lubang sekrup eye bolt.
  • Jika mengangkat dengan eye bolt, maka sling yang digunakan untuk mengangkat, posisinya harus sejajar arah lekuk mata eye bolt.
Eye Bolt dan Kegunaannya - Cara pemasangan

  • Sudut angkat maksimal untuk shoulder pattern eye bolt adan 45°.
  • 1 Sling tidak boleh digunakan untuk mengangkat dengan 2 eye bolt sehingga membentuk segitiga.
eye-bolt-dan-kegunaannya-cara-pemasangan-yang-benar

Jika kalian ingin membaca petunjuk penggunaan eye bolt secara lengkap lagi dengan poin-poin yang lebih banyak dan penjelasan yang lebih terperinci, kalian bisa mengunjungi artikel website kami dibawah ini.




1 komentar:

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    BalasHapus