KELEBIHAN RANTAI GALVANIS - www.asmarines.com

KELEBIHAN RANTAI GALVANIS

Pada artikel kami sebelumnya, kami telah membahas rantai besi yang pada bahasannya yaitu membahas sedikit tentang jenis-jenis dari rantai besi tersebut. Salah satu dari jenis rantai besi tersebut diantaranya adalah rantai galvanis yang akan kita coba bahas pada artikel kali ini.

Rantai galvanis adalah rantai yang dilapisi dengan lapisan galvanis. Sedangkan lapisan galvanis adalah lapisan yang terdiri dari bahan seng sehingga dapat menahan karat untuk beberapa waktu yang lama namun tidak dapat menahan sepenuhnya bahkan permanen.

Rantai galvanis biasa digunakan pada aplikasi-aplikasi yang menuntut rantai yang dapat menahan karat dengan baik. Biasanya digunakan pada aplikasi di daerah yang rawan pengaratan dan korosi seperti di pinggir pantai, sehingga rantai galvanis tersebut tidak cepat rusak dan dapat digunakan untuk pemakaian yang lama.

KELEBIHAN RANTAI GALVANIS

Rantai galvanis selain dapat menahan karat juga memiliki beberapa kelebihan lain yang tentunya perlu anda ketahui bersama. Beberapa kelebihan dari rantai galvanis adalah sebagai berikut :
  • Rantai Galvanis lebih tahan terhadap karat jika dibandingkan dengan rantai baja yang tidak dilapisi lapisan lain.
  • Harga rantai galvanis lebih murah jika dibandingkan dengan rantai baja dan rantai stainless steel.
  • Penggunaannya lebih flexible karena bisa dilakukan pada aplikasi ringan dan berat walaupun tidak bisa digunakan pada aplikasi heavy duty.
Rantai galvanis yang bagus biasanya memiliki sambungan las yang rapi dan terlihat kokoh. Jika anda memiliki rantai galvanis dengan sambungan yang bagus seperti yang sudah kami jelaskan diatas, maka dapat dipastikan bahwa rantai galvanis yang anda miliki bisa digunakan untuk aplikasi light lifting dan juga towing.

Sedangkan rantai galvanis dengan sambungan yang jelek tidak sarankan untuk aplikasi tersebut karena dapat membahayak orang-orang yang sedang bekerja disekitarnya. Biasa rantai galvanis dengan kualitas rendah hanya digunakan untuk aplikasi lashing, sehingga tidak membutuhkan nilai breaking load. Tetapi rantai galvanis dengan kualitas bagus biasanya memiliki nilai breaking load yang tentunya sangat membantu anda bagi anda yang membutuhkan rantai murah tapi dapat mengangkat atau menarik beban.

CIRI RANTAI GALVANIS YANG BAGUS

Selain memiliki sambungan yang rapi dan kokoh, rantai galvanis juga memiliki ciri yang menandakan bahwa rantai galvanis tersebut adalah rantai yang bagus. Beberapa ciri tersebut diantaranya adalah :
  • Berat rantai sesuai dengan sertifikat.
  • Kondisi rantai tidak berkarat.
  • Sambungan las rapi dan kokoh.
  • Ukuran mata rantai tidak banci.
  • Jika di tes celup pada air asin, daya tahan terhadap karatnya lebih lama. Hal tersebut menandakan bahwa lapisan galvanis dari rantai tersebut tebal.
Jika anda membutuhkan informasi lebih lengkap mengenai rantai galvanis silahkan kunjungi artikel lengkap kami pada website resmi kami dibawah ini ;

Tidak ada komentar:

Posting Komentar