WIRE ROPE SLING - www.asmarines.com

WIRE ROPE SLING

Wire Rope Sling adalah wire rope yang dipotong dengan ukuran tertentu yang salah satu atau kedua ujungnya ditekuk atau dibengkokkan membentuk mata yang fungsinya menjadi mata kait alat rigging atau alat kait lainnya, agar wire rope sling tersebut dapat digunakan untuk mengangkat, menarik dan juga mengikat barang.

Pembuatan dari wire rope sling ini sifatnya adalah customized, yaitu sesuai dengan kebutuhan dari user itu sendiri. Misalkan user tersebut membutuhkan wire rope sling sepanjang 10 meter, semua jenis dan tipe wire rope pasti dapat dibuat menjadi wire rope sling dengan ukuran tersebut.

Tetapi sebelum anda memesan atau membuat wire rope sling anda, pastikan terlebih dahulu hal-hal berikut ini :
  1. Spesifikasi dari wire rope yang anda butuhkan ( Konstruksi, Core, asal wire rope, ukuran, jenis arah putarannya, finishing )
  2. Jenis Terminasinya ( Anyam, Talurit, Wire Clip, Socket )
  3. Jumlah mana yang akan dibuat wire rope sling apakah satu atau di kedua bagiannya.
Dan dalam membuat terminasi mata wire rope sling pun tetap perlu memperhatikan beberapa hal tertentu, yaitu diantaranya :
  • Besar mata ( ukuran mata wire rope sling )
  • Apakah menggunakan thimble, socket atau tidak sama sekali.
  • Apakah diperlukan aksesoris tambahan yang akan dipasangkan pada bagian mata wire rope sling tersebut. Contoh : Ring, Hook, dll.
  • Panjang wire rope sling yang anda butuhkan.
  • Jika anda ingin merangkai wire rope sling menjadi multi legged sling - tentukan juga berapa kaki yang anda butuhkan.
  • Quantity wire rope sling yang anda butuhkan.

FUNGSI WIRE ROPE SLING

Wire rope sling memiliki banyak fungsi dan kegunaan diberbagai aplikasi khususnya aplikasi yang berhubungan dengan alat-alat berat. Beberapa dari fungsi wire rope sling tersebut akan kami coba paparkan agar anda dapat memahami beberapa aplikasi yang membutuhkan wire rope sling sebagai alat bantunya. Kami akan mencoba untuk mengkategorikan fungsi dari wire rope sling ini menurut bidangnya.

FUNGSI WIRE ROPE SLING DI BIDANG PERKAPALAN

Pada bidang perkapalan, wire rope sling dapat digunakan untuk memindahkan kapal, menarik kapal tongkang atau kapal yang sedang mengalami kerusakan.

Wire-Rope-Sling-di-bidang-perkapalan (1)

Wire-Rope-Sling-di-bidang-perkapalan-towing


FUNGSI WIRE ROPE SLING DI BIDANG OIL AND GAS

Pada industri oil and gas, fungsi dari wire rope sling adalah sebagai alat bantu angkat alat-alat berat. Biasanya wire rope sling digunakan pada Crane dan beberapa alat berat lain.

Wire-Rope-Sling-di-bidang-oil-and-gas

Wire-Rope-Sling-di-bidang-oil-and-gas (1)


FUNGSI WIRE ROPE SLING DI BIDANG KONSTRUKSI

Dan pada bidang konstruksi, fungsi wire rope sling adalah membantu mengangkat barang-barang yang berat seperti beton, genset, Pipa besi, tiang, dll. Biasanya wire rope sling dipasangkan pada traktor ataupun crane. Pada bidang konstruksi pun, wire rope sling digunakan untuk membangun jembatan.

Wire-Rope-Sling-di-bidang-Konstruksi (1)

Wire-Rope-Sling-di-bidang-Konstruksi (2)

Wire-Rope-Sling-di-bidang-Konstruksi Jembatan


FUNGSI WIRE ROPE SLING DI BIDANG TRANSPORTASI

Pada bidang transportasi, fungsi wire rope sling sering dikaitkan dengan mobil derek dan juga lashing, yaitu mengikat barang bawaan pada kendaraan besar seperti truk, kontainer, dll.

Wire-Rope-Sling-di-bidang-Transportasi (2)

Wire-Rope-Sling-di-bidang-Transportasi (1)

Wire-Rope-Sling-di-bidang-Transportasi (3)

FUNGSI WIRE ROPE SLING DI BIDANG PERIKANAN

Dan yang terakhir yaitu fungsi wire rope sling yang digunakan pada bidang perikanan. Fungsi dari wire rope sling ini sendiri adalah untuk membantu mengangkat jaring besar yang digunakan untuk menangkap ikan dalam jumlah besar. Sehingga manusia tidak mampu mengangkatnya secara manual, melainkan membutuhkan bantuan mesin tarik yang ditarik dengan wire rope sling dengan alat bantunya.

Wire-Rope-Sling-di-bidang-perikanan

Sumber :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar