KAWAT BAJA - www.asmarines.com

KAWAT BAJA

Kawat Baja adalah tali yang terbuat dari material besi dan baja yang digunakan untuk aplikasi angkat dan juga tarik. Kawat baja tersebut yang terbuat dari beberapa WIRE yang dipilin membentuk STRAND, lalu beberapa STRAND tersebut dipilin mengelilingi CORE.

Kawat baja pertama kali ditemukan oleh insinyur pertambangan dari Jerman yaitu Wilhelm Albert pada tahun-tahun antara 1831 dan 1834 untuk digunakan dalam pertambangan di pegunungan Harz di Clausthal, Lower Saxony, Jerman. Kawat Baja dengan cepat diterima oleh banyak Industri karena wire terbukti lebih unggul daripada tali maupun rantai.

PRODUKSI AWAL KAWAT BAJA

Kawat baja pertama buatan Willhelm Albert terdiri dari tiga helai yang terdiri dari empat kabel masing-masing. Pada tahun 1840, Scotsman Robert Stirling Newall memperbaiki proses lebih lanjut. Sedangkan di Amerika tali kawat diproduksi oleh John A. Roebling, yang dia mulai pada tahun 1841 dan membentuk dasar keberhasilannya dalam membangun jembatan gantung.

Kawat Baja Pertama


Beberapa dekade selanjutnya merupakan saksi meningkatnya pertumbuhan pertambangan poros dalam di Eropa dan Amerika Utara karena endapan mineral permukaan telah habis dan penambang harus mengejar lapisan di sepanjang lapisan miring. Era di awal pengembangan perkereta-apian dan mesin uap menggunakan tenaga pengerek / kerekan kabel dengan cepat. Dan pada sekitar abad ke-19, sistem kawat baja digunakan sebagai alat untuk mentransmisikan daya mekanik, termasuk untuk mobil kabel baru.


STRUKTUR KAWAT BAJA

Seperti yang sudah kami jelaskan di awal paragraf diatas, kawat baja dibentuk dari beberapa wire, strand dan core. Tentunya tanpa sebuah gambar, sebagian dari orang awam tidak akan bisa membayangkan dengan pasti maksud dari pengertian itu. Untuk itu akan kami jelaskan pada gambar dibawah ini :



dari ketiga struktur tersebut, manusia mencoba untuk membuat sebuah inovasi dengan merubah arah putaran dalam membuat kawat baja ini. Dan arah putaran dari kawat baja ini diantaranya adalah :
  • Putaran Kanan
  • Putaran Kiri

Sumber artikel :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar