JENIS DAN TIPE ANYAMAN TALI - www.asmarines.com

JENIS DAN TIPE ANYAMAN TALI

Pada zaman dahulu, manusia menciptakan sebuah tali menggunakan akar-akaran dan serat tanaman yang dipintal atau dikepang dan dikencangkan menjadi bentuk tali yang kencang. Pada waktu itu manusia hanya membuat tali dengan satu teknik pembuatan / cara pembuatan yang sama.

Tetapi pada tahun 2800 Sebelum masehi, tali yang terbuat dari rami mulai digunakan di wilayah China yang kemudian teknik-teknik pembuatan tali pun mulai diciptakan dan menyebar keseluruh penjuru Asia, India dan Eropa, hingga keseluruh dunia seperti sekarang ini.

Dan jenis dan tipe dari anyaman tali tersebut diantaranya :
  • 3 Strand Twisted
Jenis dan Tipe anyaman tali jenis ini banyak digunakan pada hampir setiap jenis tali, seperti tali tampar / tali PE, Tali tambang, tali Nilon, dll.
  • 8 Strand Plaited
Jenis dan tipe anyaman tali ini banyak digunakan pada tlai kapal seperti tali PP Multi dan PP Mono, Tali Manila, dll
  • 12 Strand Plaited
Jenis dan tipe anyaman tali ini dimiliki oleh semua jenis tali, jika dibuat manual oleh manusia ataupun dengan mesin. Yang artinya semua jenis tali tidak akan memiliki anyaman tipe ini jika tidak dibuat secara manual yaitu menggabungkan beberapa tali menjadi 12 konstruksi anyaman agar memiliki nilai breaking load yang lebih tinggi. Anyaman tipe ini juga dapat digunakan pada wire rope, namun tetap dibuat secara manual dengan manusia ataupun dengan mesin.
  • 2 in 1 Double Braid
Jenis dan tipe anyaman tali ini biasa digunakan pada tali polyester dan kevlar yang memiliki karakteristik memiliki nilai breaking load yang tinggi. Jenis dan tipe anyaman tali seperti ini biasa digunakan untuk tali-tali pada keperluan Climbing ataupun rekreasi.
  • Parallel Braid Core
Jenis dan tipe anyaman tali ini terdiri dari anyaman tali dibagian dalamnya dan ditutup dengan anyaman padat diluarnya. Jenis dan tipe anyaman tali seperti ini biasa digunakan untuk tali-tali pada keperluan Climbing ataupun rekreasi.
  • Parallel Fiber Core
Jenis dan tipe anyaman tali ini terdiri dari kumpulan serat fiber dibagian dalam dan ditutup dengna anyaman yang pada diluarnya. Jenis dan tipe anyaman tali seperti ini biasa digunakan untuk tali-tali pada keperluan Climbing ataupun rekreasi.


Sumber artikel sebagian diambil dari :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar