CARA PEMBUATAN TALI - www.asmarines.com

CARA PEMBUATAN TALI

Tali adalah kumpulan lapisan linear, benang, helai yang bengkok yang dikepang bersama dalam rangka untuk menggabungkan mereka kedalam bentuk yang lebih besar dan lebih kuat. Tali memiliki kekuatan tarik sehingga dapat digunakan untuk menyeret dan mengangkat, tetapi terlalu flexibel untuk memberi tekanan / mendorong benda.

Mungkin kebanyakan dari anda sudah tau bagaimana bentuk dari sebuah tali, tetapi pernahkah anda berpikir bagaimana cara pembuatan tali itu sendiri? Mungkin saat ini sudah banyak mesin-mesin pabrik yang dapat membuat tali secara otomatis, tanpa perlu menggunakan tenaga manusia dalam pembuatannya.

Cara Pembuatan Tali dengan Mesin (1)

Cara Pembuatan Tali dengan Mesin (2)

Cara Pembuatan Tali dengan Mesin (3)

Cara Pembuatan Tali dengan Mesin (4)


Dari beberapa gambar diatas, kita dapat mengetahui bahwa dengan mesin pembuat tali ini, sebuah tali dapat dibuat dengan mudah dan otomatis. Tetapi bagaimana awal mula cara pembuatan tali ini dengan cara manual oleh tangan manusia?

Pada zaman dahulu manusia menggunakan akar-akaran dan serat tanaman sebagai bahan pembuat tali. Mereka mulai memilin dan mengepang beberapa utas akar-akaran ataupun serat tanaman tersebut hingga padat dan mengencang dan kemudian menjadi sebuah tali yang lebih panjang dan kuat. Arah pengepangan dari tali juga berlawanan dengan arah pengepangan dari untai-untai. Karena kekuatan-kekuatan yang saling berlawanan dalam pembuatan tali maka akan terjadi hambatan atau gesekan-gesekan yang menyebabkan serat-serat, benang-benang dan untai-untai berkumpul menjadi satu didalam tali.

Teknik-Cara-Pembuatan-Tali

Jenis arah kepangan tali terbagi dalam 2 jenis yaitu diantaranya :
  1. Pintalan ke kanan dan dimaksud bahwa untaian dari tali berputar ke arah kanan bilamana dilihat dari arah belakang tali ke depan. Juga dinamakan putaran Z (Z-twist).
  2. Pintalan ke kiri dan dimaksud bahwa untaian dari tali berputar ke arah kiri bila dilihat dari arah belakang tali ke depan jadi berlawanan dengan arah jarum jam. Juga dinamakan putaran S (S-twist).
arah-kepangan-pembuatan-tali


Sumber artikel :


1 komentar: