JENIS WEBBING SLING - www.asmarines.com

JENIS WEBBING SLING

Sebelum kami membahas jenis webbing sling, ada baiknya kami menjelaskan sedikit tentang webbing dan webbing sling agar anda dapat mengetahui dengan pasti perbedaan diantara keduanya. Webbing adalah anyaman / tenunan dari benang-benang yang kuat dan dibuat berbentuk datar / pipih dan juga berbentuk tabung dengan ukuran lebar yang berbeda-beda, tergantung pada kekuatan yang ingin diaplikasikan pada webbing tersebut. Webbing dibuat sebagai alat pengganti tali yang fungsinya antara lain adalah sebagai alat panjat, pembuatan furniture, alat keamanan kendaraan, parasut, perlengkapan militer, dll.

Jenis-Webbing-Pipih-dan-Tabung














Sedangkan Webbing Sling adalah webbing yang ujungnya ditekuk dan dijahit sehingga berbentuk mata di masing-masing ujungnya, yang fungsinya sebagai alat kait. Dan tidak hanya itu, webbing sling dengan dengan tipe endless adalah webbing yang dijahit berbentuk melingkar / lingkaran agar dapat dikaitkan pada sebuah benda untuk ditarik..

Jenis-Webbing-Sling-Eye-dan-Endless













JENIS WEBBING SLING BERDASARKAN BENTUKNYA

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, jenis webbing sling dibagi menjadi 2 yaitu Eye Webbing Sling dan Endless Webbing Sling. Penjelasan dari kedua webbing tersebut adalah sebagai berikut :

JENIS WEBBING SLING EYE

Eye Webbing Sling adalah tipe webbing sling yang kedua ujungnya memiliki mata sehingga bentuknya menyerupai wire rope sling dan juga chain sling. Dan bukan hanya itu, webbing sling juga dapat mengganti fungsi dari wire rope sling dan juga chain sling untuk aplikasi Lifting dan juga Lashing. Tentunya hal ini membutuhkan sebuah penjelasan, kenapa webbing sling bisa menggantikan fungsi dari Wire Rope Sling dan juga Chain Sling yang bahan dasarnya terbuat dari Besi, sedangkan webbing sling terbuat dari serat polyester.

Sebelum kami menjelaskan tentang hal-hal yang membuat webbing sling dapat menggantikan fungsi dari Wire Rope Sling dan Chain Sling, kami akan menjelaskan sedikit tentang serat polyester ini.

Serat Polyester adalah serat sintetis buatan yang dapat digunakan pada aplikasi outdoor maupun aplikasi indoor. Serat ini dibuat menggunakan serangkaian reaksi kimia, yang mana dibuat dari petroleum / minyak bumi, batu bara, udara dan air. Dari rangkaian proses tersebut maka akan menghasilkan benang-benang halus yang jika digabungkan bersama akan memiliki nilai breaking load yang setara dengan besi dan baja.

Setelah anda mengetahui sedikit tentang polyester, kami akan menjelaskan mengapa webbing sling dapat menggantikan wire rope sling dan juga chain sling??

  • Bahannya yang kuat membuatnya setara dengan kekuatan besi dan baja.
  • Lebih ringan dibandingkan wire rope sling dan baja, sehingga mudah diaplikasikan dengan tangan.
  • Lebih flexible karena dapat dibawa kemana-mana.
  • Tidak dapat berkarat karena webbing sling terbuat dari serat.
  • Tidak merusak permukaan benda yang diangkatnya, karena permukaannya yang empuk dan halus.
  • Mudah untuk diinspeksi saat sudah berkali-kali digunakan.

JENIS WEBBING SLING ENDLESS

Jenis Webbing Sling Endless ini dapat juga disebut dengan round sling. Webbing sling tipe endless ini adalah webbing yang dibuat melingkar / lingkaran yang dibungkus dengan pembungkus dari serat sintetis yang juga terbuat dari bahan yang sama.

Kelebihan dari Webbing Sling Endless ini adalah :
  • Lebih tahan lama, karena memiliki 2 lapisan.
  • Jika mengangkat dengan posisi choker akan membuat posisi angkatnya sempurna dan nilai breaking loadnya pun dapat digunakan secara maksimal.
  • Dengan kapasitas yang sama, webbing sling endless ini lebih tipe dari eye webbing sling karena memang endless ini memiliki 2 lapisan yang tentunya lebih kuat.
Untuk pemesanan dan artikel lebih lengkap silahkan kunjungi website kami www.asmarines.com dibagian page artikel

Sumber Artikel :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar