TIPE DAN JENIS JANGKAR - www.asmarines.com

TIPE DAN JENIS JANGKAR

Seiring perkembangan jaman dan teknologi sekarang ini, tipe dan jenis jangkar pun diciptakan semakin beragam dengan nama-nama yang beragam pula dan dengan bentuk yang berbeda. Tipe dan Jenis jangkar tersebut diantaranya :

Tipe dan Jenis Jangkar ( Jangkar AC14 )













Jangkar AC14, banyak dipakai untuk kapal komersil dan aquaculture. Jangkar ini memiliki nilai efisiensi yang lebih tinggi dari jangkar sebelumnya karena user dapat menurunkan beratnya sesuai dengan yang dibutuhkan ( asal tidak terlalu besar atau berbeda jauh dengan berat jangkar sebenarnya).

Tipe dan Jenis Jangkar ( Jangkar Hall, Spek, Byers dan Union )

Jangkar Hall















Jangkar Spek















Jangkar Byers












Jangkar Union














Keempat tipe dan jenis jangkar ini banyak dipakai untuk kapal-kapal pengangkut dan komersil


Tipe dan Jenis Jangkar ( Jangkar Danforth )













Tipe dan jenis jangkar danforth ini banyak dipakai untuk kapal komersil dan boat. Jangkar jenis ini didesain dengan penambat yang terbuat dari baja berkekuatan tinggi dan pegangan yang kuat dan besar.

Tipe dan Jenis Jangkar ( Jangkar Stevin dan Flipper Delta )

Jangkar Stevin














Jangkar Flipper Delta














Kedua tipe dan jenis jangkar ini sering disebut dengan high holding power anchor karena kemampuannya menahan beban yang tinggi. Kedua tipe dan jenis jangkar ini banyak digunakan untuk offshore aplikasi seperti oil rig.


Tipe dan Jenis Jangkar ( Jangkar Pool )
















Tipe dan Jenis Jangkar pool ini banyak digunakan pada kapal pesiar. Jangkar tipe pool ini banyak dikatakan orang jangkar yang paling indah dibandingkan dengan jangkar lainnya. Tetapi hal ini tidak berart bahwa jangkar ini tidak digunakan pada kapal pembawa kargo. Malah sebaliknya, beberapa kapal container terbesar di dunia melengkapi semua kapal mereka dengan jangkar jenis ini.


Tipe dan Jenis Jangkar ( Jangkar Baldt )














Jangkar tipe ini dibuat pertama kali pada tahun 1901, tetapi jangkar ini telah digunakan untuk kapal angkatan laut amerika pada saat era perang dunia sejak tahun 1945. Akhirnya pada tahun 1954, jangkar ini mulai didistribusikan untuk industri offshore.

Semua tipe dan jenis jangkar yang telah kami sebutkan diatas, tidak lain dibuat atau diciptakan manusia guna untuk memenuhi kebutuhan manusia akan jangkar yang berbeda-beda jenisnya. Karena memang keadaan dasar perairan yang dilewati tiap-tiap kapal berbeda-beda.

Hal inipun dapat anda pertimbangkan lagi untuk memilih jangkar apa yang paling cocok untuk kebutuhan anda berlayar nantinya, agar anda tidak salah dalam menggunakan jangkar pada kapal anda nantinya.

Sumber artikel :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar