PERALATAN PERLENGKAPAN JANGKAR - www.asmarines.com

PERALATAN PERLENGKAPAN JANGKAR

Perlengkapan jangkar merupakan sistem penanganan jangkar pada saat kapal sedang melakukan pergantian atau peremajaan jangkar. Sebuah jangkar tidak dapat digunakan begitu saja tanpa adanya peralatan perlengkapan jangkar itu sendiri. Peralatan perlengkapan jangkar ini harus digabungkan atau dipasangkan bersamaan dengan perlengkapan jangkar lainnya.

Perlengkapan jangkar tersebut bermacam-macam jenisnya, yaitu diantaranya :
  1. Hawse Pipe
  2. Chain Pipe
  3. Chain Controller
  4. Chain Stopper
  5. Eye Plate
Peletakan lokasi dari kelima peralatan perlengkapan jangkar tersebut ada pada gambar dibawah ini :


















PENJELASAN PERALATAN PERLENGKAPAN JANGKAR

  • Hawse Pipe ( Tabung Jangkar ) adalah bahama sebuah pipa logam yang sangat kuat yang dilalui tali jangkar / rantai jangkar / kabel jangkar.












  • Chain Pipe ( Tabung Rantai ) yaitu sebuah tabung / lubang di geladak, yang dibuat dari besi untuk dilewati rantai ( jalannya rantai ) saat jangkar diangkat ataupun diturunkan.











  • Chain Controller adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengontrol rantai yang dijulurkan dan ditarik oleh kapal, agar saat rantai berada didalam air, panjang rantai tersebut dapat dikontrol agar tidka terlalu panjang sehingga dapat membahayakan kapal atau benda ataupun hewan yang berada disekitarnya.












  • Chain Stopper adalah sebuat alat yang terbuat dari besi / baja yang berfungsi untuk menghentikan laju rantai saat dijulurkan agar jangkar tidak terlepas dari kapal / agar kapal tidak tersentak saat rantai mencapai ujung batasnya.











  • Eye plate adalah sebuah alat yang digunakan untuk menahan jangkar atau rantai jangkar.











Sumber artikel :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar