SYARAT PENGGUNAAN JANGKAR - www.asmarines.com

SYARAT PENGGUNAAN JANGKAR

Sebelum anda menggunakan jangkar, ada baiknya anda membaca terlebih dahulu petunjuk penggunaan dari jangkar ini sendiri. Pada artikel kali ini kami akan membahas sedikit tentang syarat-syarat yang harus dipenuhi agar jangkar dapat digunakan.

Ditinjau dari Kegunaannya, maka jangkar beserta perlengkapannya harus memenuhi beberapa persyaratan sebagai berikut :
  • Jangkar-jangkar diatas kapal harus memenuhi persyaratan mengenai berat, jumlah dan kekuatannya.
  • Panjang, berat dan kekuatan rantai jangkar harus cukup ( sesuai standard internasional ).
  • Rantai jangkar harus diikat dengan baik dan ditempatkan sedemikian rupa sehingga dapat dilepaskan dari sisi luar bak rantainya.
  • Peralatan jangkar termasuk bentuknya, penempatannya dan kekuatannya harus sedemikian rupa hingga jangkar itu cepat dan mudah diaplikasikan.
  • Kapal harus memiliki penahan / penghubung ( Hawse pipe dan chain pipe ), agar pada waktu mengeluarkan rantai, dapat menahan tegangan-tegangan dan sentakan-sentakan yang timbul.

Pada kapal niaga umumnya dilengkapi dengan :
  1. Tiga buah jangkar haluan.
  2. Satu jangkar arus atau jangkar buritan.
  3. Satu jangkar cemat.

SYARAT PENGGUNAAN JANGKAR ( JANGKAR HALUAN )















Jangkar haluan adalah jangkar utama / jangkar inti yang digunakan untuk menahan kapal didasar laut dan selalu siap pada lambung kiri dan kanan haluan kapal yang memiliki berat yang sama. Jangkar haluan mempunyai dua tipe yaitu jangkar yang menggunakan tongkat ( stock anchor ) dan jangkar tanpa tongkat ( Stockless Anchor ). Yang termasuk kedalam golongan stock anchor salah satunya adalah jangkar danforth dan yang termasuk kedalam jenis Stockless anchor adalah jangkar kodok.


SYARAT PENGGUNAAN JANGKAR ( JANGKAR ARUS )




















Jangkar arus adalah jangkar yang berukuran 1/3 berat jangkar haluan atau jangkar utama dan ditempatkan pada buritan kapal dan berguna untuk menahan buritan kapal supaya tidak berputar pada saat kapal sedang berhenti / berlabuh. Jangkar ini biasanya dipasang pada kapal yang berlayar di perairan sungai.

SYARAT PENGGUNAAN JANGKAR ( JANGKAR CEMAT )

Jangkar cemat adalah jangkar yang berguna untuk memindahkan jangkar haluan / jangkar utama jika kapal kandas. Jangkar cemat ini berukuran 1/6 kali jangkar haluan.

Sumber artikel :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar