MACAM-MACAM SHACKLE - www.asmarines.com

MACAM-MACAM SHACKLE

Setelah kita belajar bersama tentang pengertian dari rigging itu sendiri, maka selanjutnya yang akan kami bahas lebih detail adalah tentang masing-masing jenis alat rigging tersebut.

Jenis alat rigging pertama yang akan kami bahas yaitu shackle. Shackle adalah alat yang digunakan untuk menyambungkan sling dengan objek angkat atau tarik, sehingga objek tersebut dapat dipindahkan dengan sling. Dan fungsi lainnya adalah sebagai alat sambung antara sling dengan jenis alat rigging lainnya.

Sling disini juga ada beberapa jenis, jadi shackle ini bukan hanya digunakan untuk satu jenis sling saja melainkan beberapa jenis sling. Nah disinilah kegunaan dari jenis shackle yang berbeda tersebut, masing-masing jenis shackle memiliki fungsi untuk masing-masing jenis sling yang ada.

Sebelum kami menjelaskan tentang jenis shackle yang ada, maka terlebih dahulu kami akan menjelaskan tentang jenis sling yang ada, jadi nantinya kalian akan lebih mudah dalam memahami fungsi dari masing-masing jenis shackle tersebut.

Beberapa jenis sling yang ada saat ini yaitu :
  • Chain Sling
  • Wire Rope Sling
  • Rope Sling
Chain sling adalah sling yang terdiri dari gabungan rantai dengan alat rigging seperti masterlink dan shackle. Sedangkan wire rope sling adalah sling yang dibuat dari wire rope yang salah satu atau kedua ujungnya ditekuk dan dibentuk menjadi mata kait. Dan rope sling adalah sling yang dibuat dari tali yang cara pembuatannya sama dengan wire rope sling yaitu ditekuk disalah satu atau kedua ujungnya.

Sedangkan jenis shackle yang menghubungkan sling-sling diatas yaitu diantaranya :
  • Shackle Omega
  • Shackle Dee
Macam-macam-shackle


Shackle Omega adalah shackle yang berbentuk seperti tapal kuda atau lambang simbol omega. Shackle jenis ini adalah shackle yang sangat cocok digunakan dengan wire rope sling dan juga rope sling. Karena bentuk diameter tali dan wire rope yang lebar memungkinkannya masuk kedalam bentuk shackle omega yang berbadan lebar.

Shackle yang kedua adalah shackle Dee yang berbentuk seperti huruf "D". Shackle jenis ini adalah shackle yang sangat cocok digunakan pada rantai atau chain sling. Karena bentuk rantai yang pipih, shackle dee ini sangat cocok untuk digandengkan dengan rantai.

Jika anda ingin mengetahui artikel kami yang lebih lengkap, silahkan kunjungi sumber artikel ini di website resmi kami : http://asmarines.com/jenis-shackle

Tidak ada komentar:

Posting Komentar