KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KAWAT BAJA - www.asmarines.com

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KAWAT BAJA

Tentunya semua barang yang diciptakan manusia memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri seperti halnya yang terjadi pada kawat baja. Karena kawat baja adalah barang yang diciptakan manusia, tentunya kawat baja ini memiliki kelebihan dan juga memiliki kekurangannya sendiri.

Kelebihan dan kekurangan kawat baja ini akan kami coba kupas pada artikel kami kali ini. Hal pertama yang akan kami coba bahas adalah kelebihan dari kawat baja ini. Kelebihan kawat baja ini dibuat manusia tentunya memiliki maksud. Dan menurut pengalaman yang telah kami dapati dan kami analisa, kelebihan kawat baja itu dibuat karena disesuaikan dengan kebutuhan dari satu atau beberapa aplikasi kerja manusia.

Tentunya dengan kelebihan kawat baja yang disesuaikan dengan kebutuhan aplikasi manusia tertentu, maka aplikasi tersebut akan sangat membutuhkan kawat baja sebagai alat bantunya. Dan produsen kawat baja ini akan terus memproduksi kawat bajanya untuk dijual pada orang-orang yang bekerja pada aplikasi yang cocok untuk penggunaan kawat baja tersebut. Dan beberapa kelebihan dari kawat baja ini diantaranya adalah :
  • Memiliki nilai breaking load yang tinggi.
  • Tahan terhadap gesekan.
  • Tahan terhadap sinar matahari langsung.
  • Daya tahan lebih lama. ( jika digunakan dengan benar )
Nah setelah kita tahu tentang kelebihan dari kawat baja ini, tentunya kita juga harus membahas tentang kekurangan kawat baja itu sendiri. Dan jika dikaitkan dengan aplikasinya, kekurangan dari kawat baja ini berarti tidak cocok digunakan pada aplikasi tertentu yang justru membutuhkan hal yang ada pada kekurangan kawat baja ini atau hal-hal yang tidak bisa dilakukan oleh kawat baja ini. Beberapa kekurangan dari kawat baja ini diantaranya adalah :
  • Tidak flexible ( tidak mudah dibawa kemana-mana dan disimpan diberbagai tempat ).
  • Dapat merusak permukaan beban angkatnya jika bersentuhan langsung antara kawat baja dan objek angkatnya.
  • Tidak lentur, sehingga sulit ditekuk.
  • Tidak tahan terhadap karat dalam waktu yang lama.
Nah sekarang kita sudah tau tentang kelebihan dan kekurangan kawat baja ini. Sekarang kita akan sedikit bahas tentang aplikasi yang cocok dan tidak cocok untuk penggunaan kawat baja ini. Yang pertama kita akan bahas tentang aplikasi yang cocok untuk penggunaan kawat baja ini, dan beberapa aplikasi tersebut diantaranya :
  • Heavy Lift
  • Towing
aplikasi diatas sangatlah beragam dan banyak jumlahnya, sehingga kami hanya menyebutkannya secara umum saja, tidak secara spesifik. Sedangkan untuk aplikasi yang tidak cocok dengan penggunaan kawat baja ini sendiri adalah :
  • Lashing
  • Lifting beban yang mudah tergores.
  • Penggunaan aplikasi di area yang rawan korosi seperti pinggir pantai ataupun tengah laut.
Untuk aplikasi yang terakhir, kawat baja masih dipaksa untuk digunakan walau daerah tersebut rawan korosi, sehingga perlu sering mengganti kawat baja dengan yang baru. Aplikasi tersebut adalah Oil and Gas yang dominan aplikasinya digunakan di tengah laut lepas, sehingga tentunya besi dan baja sangat mudah berkarat disana. Untuk itu perlu dibutuhkan kawat baja khusus pada aplikasi ini. Jika anda membutuhkan kawat baja untuk berbagai macam aplikasi dengan jenis dan ukuran yang beragam, anda dapat mengunjungi website resmi kami di www.asmarines.com

1 komentar: