KEKUATAN KAWAT BAJA - www.asmarines.com

KEKUATAN KAWAT BAJA

Kawat baja adalah sebuah alat angkat yang terdiri dari kumpulan kawat-kawat baja yang digulung menjadi satu kesatuan kawat baja atau biasa disebut dengan wire rope. Sedangkan baja sendiri adalah logam paduan, logam besi sebagai unsur dasar dengan beberapa elemen lainnya, termasuk karbon. Kandungan unsur karbon dalam baja berkisar antara 0.2% hingga 2.1% berat sesuai grade-nya. Penambahan kandungan karbon pada baja dapat meningkatkan kekerasan (hardness) dan kekuatan tariknya (tensile strength), namun di sisi lain membuatnya menjadi getas (brittle) serta menurunkan keuletannya (ductility).

Tetapi pada kawat baja sendiri, kandungan karbon pada baja diatas tidaklah digunakan terlalu banyak karena kawat baja sendiri membutuhkan kelenturan untuk aplikasi-aplikasi yang dikerjakannya. Walaupun begitu, hal tersebut tidak terlalu berpengaruh pada kekuatan kawat baja itu sendiri.

Kekuatan kawat baja tentunya berbeda-beda tergantung dari beberapa faktor yang dapat kami simpulkan pada poin-poin dibawah ini :

  • Ukuran Kawat Baja
  • Jenis Kawat Baja
  • Merk Kawat Baja
Ketiga faktor tersebut sangat mempengaruhi kekuatan kawat baja itu sendiri, karena setiap dari faktor tersebut memiliki pengaruh sendiri-sendiri terhadap kekuatan kawat baja. Dan untuk mengetahui kekuatan kawat baja itu sendiri anda dapat melakukan hal ini :
  • Melihat Nilai Breaking load pada sertifikatnya.
  • Melakukan Uji tarik dengan mesin test bed.
Kedua cara tersebut tentunya sangat efektif untuk mengetahui kekuatan dari kawat baja yang anda miliki. Tetapi untuk lebih pastinya tentunya cara yang kedua adalah cara yang paling memiliki nilai kekuatan kawat baja anda yang pasti.

Jika anda membutuhkan kawat baja yang kuat dan berkualitas, jangan ragu untuk mengunjungi website resmi kami untuk melakukan pemesanan dan untuk mengetahui jenis-jenis dan merk kawat baja yang kami jual di www.asmarines.com.

Atau jika anda ingin mengetahui artikel kami tentang kawat baja yang lebih lengkap, anda dapat mengunjungi artikel resmi kami yang sangat lengkap dan sangat berguna untuk menambah pengetahuan produk anda di bidang perkapalan dan alat-alat berat lainnya di http://asmarines.com/artikel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar