PROSES PEMBUATAN TALI BAJA - www.asmarines.com

PROSES PEMBUATAN TALI BAJA

Tali baja adalah nama lain dari wire rope yang artinya adalah kumpulan dari wire, strand dan core yang dililit menjadi satu kesatuan dengan konstruksi tertentu. Tali baja adalah salah satu pilihan orang-orang pada aplikasi Lifting dan Towing karena memang kekuatan dari tali baja yang sudah diakui kebanyakan orang.
Tali Baja sendiri dipilih banyak orang untuk membantu mereka pada aplikasi lifting dan towing tentunya memiliki alasan. Dan satu alasan kuat dari kebanyakan orang karena materialnya yang terbuat dari besi baja sehingga memiliki kekuatan yang tinggi. Dengan bermodalkan kekuatan itulah, tali baja banyak digunakan pada aplikasi yang berhubungan dengan alat berat.

Tetapi taukah anda bagaimanakah proses pembuatan tali baja itu sendiri?? tentunya dapat anda bayangkan, sebuah kumpulan dari kawat-kawat baja dirangkai dan dipilin menjadi satu rangkaian yang tidak kendor dan tidak terurai walaupun mengalami proses penarikan dan penekukan.

Proses-pembuatan-tali-baja (1)

Proses-pembuatan-tali-baja (2)

Proses-pembuatan-tali-baja (3).

Gambar diatas adalah gambar dari mesin pembuatan tali baja yang dapat memproduksi tali baja dengan mudah dan dengan kuantitas yang banyak.

PROSES PEMBUATAN TALI BAJA

Mesin pembuat tali baja diatas fungsinya adalah menggulung atau memilin masing-masing wire dan strand mengelilingi core hingga menjadi bentuk tali baja dengan berbagai macam konstruksi. Tetapi proses pembuatan tali baja bukan hanya disitu saja, melainkan ada beberapa proses pembuatan tali baja yang lebih mendetail yaitu diantaranya :
  • Proses pencucian kawat-kawat batangan dengan bahan kimia, agar terhindar dari karat dan kotoran.
  • Proses pengepressan atau pencetakan ( dies ), yaitu dengan memasukkan kawat batangan tersebut kedalam mesin drawing, yang dimana kawat batangan tersebut ditarik melewati cetakan sehingga ukurannya mengecil dan membentuk wire.
  • Selama proses drawing diatas, kawat mengalami banyak tekanan. Pada proses ini wire dipanaskan untuk menghilangkan tekanan yang dialami. Proses ini disebut proses Patenting.
  • Untuk wire rope dengan ukuran kecil, wire yang dihasilkan dari proses drawing tadi harus dimasukkan kedalam mesin drawing lagi untuk dilakukan pengepressan ulang agar didapatkan ukuran wire yang lebih kecil.
  • Khusus untuk tali baja galvanized, setelah proses drawing wire rope dicelupkan pada cairan zinc sehingga terlapisi dengan lapisan zinc atau bisa disebut dengan lapisan galvanis yang dapat menahan proses pengaratan tali baja.
  • Proses berikutnya adalah proses stranding yang prosesnya adalah dengan memilin wire-wire menjadi satu kesatuan strand.
  • Proses terakhir adalah proses closing yaitu strand-strand hasil dari proses stranding dipilin mengelilingi core atau bagian inti sehingga membentuk tali baja dengan berbagai macam konstruksi.
Sumber artikel :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar