CARA MENENTUKAN KONSTRUKSI KABEL BAJA - www.asmarines.com

CARA MENENTUKAN KONSTRUKSI KABEL BAJA

Seiring cepatnya perkembangan teknologi sekarang ini, manusia dituntut untuk dapat bekerja secara cepat agar tidak tertinggal dengan orang-orang disekitarnya dan orang-orang diseluruh dunia baik pada bidang pendidikan, informasi, teknologi, dll.

Karena perkembangan jaman yang sangat canggih dan dituntut serba cepat ini, pembangunan kota di tiap-tiap negara pun semakin tumbuh dengan cepat karena kinerja dari peralatan dan teknologi yang canggih. Dan semua bidang pekerjaan juga membutuhkan peralatan dan teknologi yang dapat membantu mereka berkerja dengan cepat. Dengan dituntutnya semua manusia untuk bekerja cepat, kita tentunya juga harus mengetahui semua hal agar tidak tertinggal dengan orang-orang lain dan negara-negara lain.

Salah satu hal yang perlu kita ketahui adalah cara menentukan konstruksi kabel baja. Karena saat diaplikasikan di Lapangan, kabel baja memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda. Dan hal ini dapat dibedakan dari jenis konstruksi dari kabel baja itu sendiri. Karena memang tiap-tiap konstruksi kabel baja memiliki keunggulan dan kelemahan tertentu yang dapat membantu anda dalam memilih kabel baja apa yang paling cocok dengan kebutuhan anda dengan melihat kelebihan-kelebihan yang dimiliki kabel baja tersebut.

Dengan kita mengetahui sendiri fungsi-fungsi dan kegunaan dari tiap-tiap jenis konstruksi kabel baja, tentunya akan semakin cepat kita menentukan kebutuhan kita akan kabel baja saat ada di Lapangan, atau saat anda ditunjuk untuk menentukan kebutuhan kabel baja yang diinginkan.

Dan dengan cepatnya anda menentukan kabel baja mana yang cocok untuk aplikasi anda, anda tidak akan tertinggal dengan kecepatan teknologi, ilmu dan pembangunan yang ada di Negara Indonesia.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat anda pelajari untuk mengetahui cara menentukan konstruksi kabel baja yang cocok untuk anda, yaitu diantaranya :
  • Semakin sedikit jumlah strand, kabel baja akan semakin kaku.
  • Semakin banyak jumlah wire pada tiap strand akan membuat kabel baja lebih lentur.
  • Adanya Core dibagian inti kabel baja membuat kabel baja lebih kaku.
  • Bahan atau material core menentukan tingkat keelastisitasan kabel baja.
Dari beberapa faktor diatas, barulah kita dapat menentukan kebutuhan kita di Lapangan. Tetapi dalam menentukan jenis konstruksi kabel baja yang anda perlukan, tentunya anda perlu memiliki data-data tentang kebutuhan dari aplikasi anda nantinya di Lapangan. Dan untuk mengetahui kebutuhan dari aplikasi anda di Lapangan, sebelumnya anda harus mengetahui terlebih dahulu faktor-faktor yang dimiliki beberapa aplikasi saat di Lapangan :
  • Aplikasi yang membutuhkan tingkat keelastisitasan yang tinggi, yaitu aplikasi yang memaksa kabel baja untuk bekerja dengan banyak tekukan, sehingga tidak bisa diatasi dengan kabel baja yang kaku, contohnya : katrol crane, katrol elevator, katrol tower crane
  • Aplikasi yang membutuhkan tingkat kekuatan dari kabel baja, yaitu aplikasi berat yang membutuhkan kekuatan tarik dari kabel baja itu sendiri, contohnya : aplikasi lifting dan towing.
  • Aplikasi yang membutuhkan kedua faktor diatas, yaitu kekuatan dan keelastisitasan, yaitu aplikasi berat yang membutuhkan kabel baja yang memiliki kekuatan besar dan tingkat keelastisitasan yang tinggi, contohnya : Crane dan tower crane.
Cara-menentukan-konstruksi-kabel-baja


Sumber artikel :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar