PETUNJUK PENGGUNAAN WIRE ROPE CLIP - www.asmarines.com

PETUNJUK PENGGUNAAN WIRE ROPE CLIP

Seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya, yaitu wire clip adalah alat bantu untuk membuat wire rope sling sebagai pengganti cara mechanical splice. Saat ini saya ingin menjelaskan tentang penggunaan wire rope clip yang benar, sehingga dapat menghindari kesalahan pada cara pemasangan yang dapat mengakibatkan rusaknya wire rope saat dipasangi dengan wire clip tersebut. Dan juga agar dapat menghindari kecelakaan kerja saat wire clip diaplikasikan di Lapangan nantinya.

Berikut ini adalah petunjuk tentang bagaimana penggunaan wire rope clip yang baik dan benar :
  1. Saat akan melakukan pemasangan wire rope clip, tekuklah wire rope yang sudah disandarkan dengan thimble di dalamnya. Panjang antara ujung wire rope yang ditekuk dengan mata ditentukan sesuai dengan ukuran wire rope dan wire rope clip itu sendiri. Untuk lebih jelasnya dapat anda lihat pada tabel berikut ini pada kolom Amount of rope to turn back in mm :
  2. Wire Rope Clip pertama diletakkan pada ujung wire rope yang ditekuk kemudian kencangka. Setelah itu masukkan wire rope clip kedua dan seret sampai mendekati thimble sampai diujung agar tidak selip kemudian kencangkan. Terakhir pasangkan wire rope clip ketiga dengan jarak yang sejajar dengan kiri dan kanan wire rope clip pertama dan kedua.
  3. Untuk jumlah pemasangan wire rope clip pada terminasi wire rope dapat dilihat pada tabel diatas pada kolom bagian Minimum No. of Clips. (Minimal wire rope clip dipasang 2 untuk ukuran wire rope tertentu)
  4. Jika dipasang menggunakan roda pulley atau sheave, maka antara wire rope clip pertama dengan roda pulley harus diberi jarak yang membentuk sudut 60°.
  5. Jika melakukan Splicing terhadap dua wire rope maka splicing wire rope satu sama lain harus dipasang berlawanan arah. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini :
  6. Jika dilakukan penggabungan 2 wire rope maka cara pemasangan wire rope clip tipe Fist Grip ini dipasang sejajar tidak berlawanan arah, berbeda dengan pemasangan wire rope clip tipe US forged atau U Bolt. Contohnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini :

Untuk pemesanan wire rope clip dan alat-alat rigging lainnya silahkan kunjungi website kami di www.asmarines.com dan hubungi marketing kami segera.

Sumber ( Artikel Lengkap ) :

1 komentar:

  1. Mohon pak disebutkan Standart yang digunakan biar lebih mudah bila menjelaskan, terimakasih

    BalasHapus