WIRE ROPE VS TALI - www.asmarines.com

Yo yo yo whats app my brada and sista.. Gimana nih kabar kalian semua?? tetep asik terus lah ya.. Asal jangan kaya gw yang sok asik ini.. Hhohoho.  Oke jadi kali ini gw mau bahas tentang kekuatan wire rope vs tali yang perlu kalian ketahui.

Tali yang kami maksud disini adalah tali sintetis ya seperti contonya tali PP, tali nilon dan beberapa jenis tali kapal lainnya yang sifatnya hampir sama seperti wire rope. Jadi kami disini sengaja ga bandingin wire rope dengan tali yang ecek-ecek tapi emang tali yang setara dengan wire rope itu sendiri.

Dan perlu kalian ketahui bersama, disini kami akan membahas kekuatan wire rope vs tali ini dari beberapa sudut pandang ya guys. Masing-masing sudut pandang tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan yang dimiliki masing-masing benda ini ( wire rope & tali ).



WIRE ROPE VS TALI

Oke jadi untuk perbedaan kekuatan wire rope vs tali ini akan kami coba bahas dari beberapa sisi atau sudut pandang yaitu diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Nilai breaking load
  2. Ketahanan
  3. Berat
  4. Inspeksi
  5. Flexibilitas

Nah jadi ada 5 hal yang akan kami fokuskan disini untuk membahas tentang perbedaan kekuatan dari kedua benda atau jenis alat angkat ini ya. Kita mulai dari nilai breaking load.



BREAKING LOAD

Jika kita lihat dari nilai breaking load maka kita akan bandingkan dari ukuran yang sama ya. Okee jadi karena wire rope terbuat dari kawat baja dan sedangkan tali itu terbuat dari serat sintetis maka jika dibandingkan dengan ukuran yang sama, maka wire rope memiliki nilai breaking load yang lebih besar tentunya.

Kenapa demikian?? karena kita semua tau ya, sifat logam itu sendiri lebih keras dan kuat kaya punyaku jika dibandingkan dengan tali sintetis itu sendiri. Jadi jika kalian membandingkan kekuatan wire rope vs tali dari sisi nilai breaking loadnya di ukuran yang sama maka wire rope lebih unggul


KETAHANAN

Sudut pandang kedua yang akan kita bahas disini adalah ketahanannya. Untuk ketahanan ini kami bagi lagi menjadi 2 kategori ya guys, yaitu diantaranya :
  • Ketahanan terhadap cuaca
  • Ketahanan terhadap gesekan
  • Ketahanan terhadap lingkungan

Yang pertama yaitu dari segi cuaca ya. Karena cuaca itu terdiri dari panas, dingin dan juga hujan maka jika kita lihat dari sifat logam itu sendiri yang tidak menyerap air dan juga tidak terpengaruh dengan panas. Maka jika dilihat dari sisi cuaca, wire rope lebih unggul karena nilai breaking loadnya dan kekuatannya tidak akan berpengaruh dari cuaca.

Beda halnya dengan tali yang sebagian sifatnya menyerap air. Dan saat menyerap air, maka nilai breaking load dari tali tersebut akan berkurang. Dan saat terkena panas juga, karena terbuat dari serat sintetis maka tali dapat meleleh dan akhirnya masing-masing helai seratnya akan putus satu persatu.

Yang kedua yaitu ketahanan terhadap gesekan. Dalam hal ini tentunya sudah jelas menang wire rope ya. Karena yang namanya tali kalo kena gesek berkali-kali maka lama kelamaan akan terputus satu persatunya setiap helai talinya.

Sedangkan untuk yang ketiga yaitu faktor lingkungan. Lingkungan disini yang kami maksud yaitu daerah dan juga udara. Seperti kita tau, wire rope terbuat dari logam dan logam sendiri memiliki musuh utama yang disebut dengan karat.

Jadi jika dilihat dari sisi ini, tentunya tali lebih unggul ya karena tali tidak akan dapat berkarat. Sedangkan wire rope dapat berkarat pada lingkungan yang bergaram seperti dipinggir pantai. Dan tentunya setelah ada pengaratan maka kekuatan wire rope tersebut otomatis akan berkurang juga.


BERAT

Dan jika kita nilai dari sisi berat atau bobotnya. Nah ini udah jelas lah ya. Yang namanya besi baja udah pasti lebih berat dah dibanding serat sintetis.


INSPEKSI

Oke sekarang kita lihat dari sisi inspeksi ya. Jika terjadi karat, wire rope akan sulit untuk diinspeksi guys. Apalagi karatnya ada dibagian dalam wire rope yang tentunya tidak bisa kita lihat dengan mata telanjang.

Beda halnya dengan tali yang tidak bisa berkarat. Tali sendiri hanya akan rusak dari luar, sehingga lebih mudah untuk diinspeksi jika sudah banyak helai yang putus atau rusak.


FLEXIBILITAS

Yang terakhir kita lihat dari sisi flexibilitasnya ya guys. Karena wire rope itu sifatnya keras dan tidak lentur. Maka dari sisi flexibiltas, wire rope akan lebih susah untuk ditekuk atau digulung tanpa menggunakan alat khusus.

Dan untuk ditekuk sendiri, wire rope juga rawan terhadap kink atau tertekuk. Karena jika kita tekuk kawat maka akan sulit untuk meluruskannya lagi dan bahkan bisa patah.

Beda dengan tali yang lebih flexibel untuk kita tekuk dan gulung dengan tangan kosong. Jadi untuk sisi flexibilitasnya tali lebih flexible jika dibandingkan dengan wire rope guys.


Naahh sekarang kalian udah tau ya masing-masing kelebihan dan kekurangannya. Sekarang pilihan terserah pada kalian nih. Kalian lebih cocok dengan wire rope atau tali untuk aplikasi kalian di Lapangan. Karena tentunya yang tau medan dan juga situasi disana ya kalian sendiri.

Untuk itu bijaklah dalam memilih kedua jenis alat angkat dan tarik ini. jangan sampai kalian salah dalam memilih salah satunya.

Oke jadi cukup disini ya artikel dari kami. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua. See you guys..!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar