AKSESORIS RANTAI - www.asmarines.com

Halo temen-temen setia asmarines, gimana nih kabar kalian semua?? semoga pada baik ya.. Oke jadi kali ini kami mau kasih info ke kalian semua. Apa aja sih aksesoris rantai yang bisa digunakan? jadi ada namanya alat rigging yang bisa digabungkan dengan rantai.

Nah alat rigging tersebut brarti bs dikategorikan atau disebut dengan aksesoris rantai. Karena alat rigging tersebut tidak bisa digunakan tanpa rantai. Seperti aku yang tidak bisa hidup tanpamu.. Hmmm.. apasih

Oke jadi apa aja sih aksesoris rantai yang perlu kalian ketahui? Berikut ini adalah beberapa aksesoris rantai berikut penjelasannya.



AKSESORIS RANTAI

  • Hammerlock
  • Shackle Dee
  • Clevis hook
  • Missing Link

Nah itu ada 4 aksesoris rantai yang perlu kalian ketahui ya. Dan inget ya keempat alat tersebut adalah alat khusus rantai. Jadi kami ga nyebutin masterlink, terus block / tackle dan lain-lain karena itu bisa digunakan tanpa rantai juga.

Jadi disini kami udah tekankan diatas tadi ya.. Alat yang kami sebutkan ini tidak bisa digunakan tanpa rantai, jadi kami jadikan alat ini sebagai aksesoris rantai.

Dan correct me if i'm wrong ya. Namanya manusia kali aja ada yang lupa. Tulis di kolom komen ya guys, aksesoris rantai apa lagi yang kalian ketahui. Siapa tau gw lupa nyebutin.


Oke jadi balik lagi ya. Kami akan coba untuk menjelaskan masing-masing aksesoris rantai tersebut baik dari sisi fungsi dan kegunaannya.



HAMMERLOCK

Aksesoris-Rantai-Hammerlock


Hammerlock adalah alat penyambung antara rantai dengan alat rigging lainnya seperti masterlink, hook, block dan lain-lain.

Kegunaannya sendiri hanya dikhususkan untuk rantai yang tidak memiliki celah kait. Jadi perlu alat tambahan untuk mengkaitkan rantai dengan alat rigging lainnya. Karena kita tau ya, rantai itu terdiri dari rangkaian mata rantai yang masing-masing mata rantainya itu bulat penuh tidak ada celahnya.

Jadi tidak bisa untuk dikaitkan dengan benda yang tidak memiliki pengait seperti yang sudah kami sebutkan diatas.



SHACKLE DEE

Aksesoris-Rantai-Shackle-Dee


Shackle dee adalah alat penyambung yang dikhususkan untuk rantai, karena bentuknya yang disesuikan dengan rantai. Bentuk dari shackle dee ini pipih seperti huruf "D" dan huruf D ini memiliki bentuk sangat pas untuk mata rantai yang kecil.

Kegunaannya sendiri yaitu disesuaikan ukurannya dengan rantai agar saat rantai digunakan untuk mengangkat ataupun menarik barang. Maka shackle tersebut akan menahan rantai untuk bergerak atau bergeser kesana kemari yang menimbulkan gesekan.

Nah dengan tidak adanya gesekan karena shackle rersebut mengikat rantai dengan baik, maka resiko rantai rusak karena gesekan juga dapat dihindari.



CLEVIS HOOK

Aksesoris-Rantai-Clevis-Hook


Clevis hook adalah alat perantara untuk mengangkat beban karena hook ini fungsinya adalah sebagai alat kait. Jadi nantinya clevis hook ini nantinya akan disambungkan dengan rantai, kemudian dibagian pengaitnya itu disambungkan langsung dengan beban atau alat perantara lainnya.

Kegunaan dari clevis hook ini sendiri yaitu dikhususkan penggunaannya untuk rantai. Karena mata kaitnya dibuat khusus berbentuk kecil dengan ukuran yang pas dengan rantai. Fungsinya sendiri sama seperti shackle Dee, yaitu untuk mengurangi gesekan antara rantai dengan hook.




MISSING LINK

Aksesoris-Rantai-Missing-Link



Missing link adalah alat yang digunakan untuk menyambungkan rantai dengan rantai lain. Jadi seperti kita tau ya, jika kalian punya rantai, tentunya tidak akan bisa disambungkan dengan rantai lainnya jika kalian ingin menambahkan panjang rantai kalian.

Butuh alat tambahan untuk menyambungkan kedua rantai yang kalian miliki. Nah salah satu alat yang bisa digunakan untuk menyambungkan kedua rantai kalian yaitu missing link ini.

Missing link ini fungsinya sama dengan penyambung rantai pada sepeda motor anda. Yaitu memiliki pin penyambung yang bisa dilepas pasang.

Bentuk dari missing link ini sendiri juga seperti mata rantai jika sudah disambungkan. Jadi memang digunakan untuk untuk menyambung rantai.


Nah itu tadi ya penjelasan dari keempat aksesoris rantai yang perlu kalian ketahui. Dan kami rasa cukup sekian artikel dari kami. Karena kami rasa informasi yang kami sampaikan ini sudah cukup lengkap untuk kita ketahui bersama.

Jadi sampai disini dulu ya artikel kami kali ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menjadikan tambahan informasi buat kalian semua. Salam...!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar