DEFINISI THIMBLE / CAUSAN - www.asmarines.com

DEFINISI THIMBLE / CAUSAN

Thimble adalah salah satu dari alat-alat rigging yang digunakan untuk menjaga bentuk alami dari mata wire rope sling dan juga berfungsi untuk melindungi / menjaga mata wire rope agar tidak tertekuk karena hentakan, terjepit dan juga agar tidak aus saat digunakan di Lapangan. Tanpa thimble, mata wire rope akan mudah tertekuk jika terkena hentakan dan juga akan cepat terkikis jika terjadi gesekan berulang kali sehingga akan membuat umur wire rope yang singkat ( tidak tahan lama ).

Ukuran dari thimble saat dilakukan pemasangan pada wire rope sling harus disamakan dengan ukuran wire rope itu sendiri tidak boleh lebih ataupun kurang agar thimble terpasang baik pada wire rope, tidak goyang ataupun tidak menutup wire rope dengan baik.

Thimble kebanyakan di finishing galvanis dan atau stainless steel untuk mencegah pengaratan dan korosi yang dapat merusak wire rope jika karat tersebut bersentuhan dengan wire ropenya.

Untuk bahan pembuatnya sendiri umumnya terbuat dari bahan Mild Steel / Malleable Steel. Tetapi ada juga thimble yang terbuat dari material "Cast Ductile Iron" untuk tipe Thimble Solid yang dikhususkan untuk aplikasi berat seperti boom / pendant pada Crane.

Berikut ini adalah macam-macam gambar thimble yang umum digunakan :







Untuk pemesanan thimble diatas silahkan kunjungi website kami di www.asmarines.com dan jangan ragu untuk menghubungi marketing kami.

Sumber artikel ( lengkap ) :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar